Jumat 26 Apr 2024 16:51 WIB

Apa Hewan Terbesar yang Pernah Berjalan di Bumi?

Patagotitan mayorum memiliki panjang 37 meter.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Friska Yolandha
Patagotitan
Foto:

Berdasarkan bentuk dan perawakannya, masuk akal untuk berasumsi bahwa Patagotitan mayorum adalah hewan herbivora yang menggunakan lehernya yang kurus untuk mengunyah pohon-pohon yang tinggi. Bobotnya yang lamban juga menunjukkan bahwa dinosaurus tersebut bukanlah monster ganas, melainkan raksasa yang lembut. 

“Saya tidak berpikir mereka menakutkan sama sekali. Mereka mungkin adalah hewan-hewan berukuran besar yang bergerak lambat,” ujar Diego Pol, ahli Paleontologi dari Museum Paleontologi Egidio Feruglio di Argentina yang mendeskripsikan spesies tersebut, mengatakan pada 2017 setelah penemuannya. 

“Bangun, jalan-jalan. Mencoba lari. Ini benar-benar menantang bagi hewan besar,” tambah Pol. 

Tetapi, ukuran sebesar ini ada manfaatnya. Sulit membayangkan predator mana pun yang mampu memangsa sauropoda dewasa. Faktanya, perlindungan dari para predator mungkin menjadi salah satu tekanan selektif utama yang menyebabkan Patagotitan mayorum mencapai ukuran sebesar ini. 

Patagotitan mayorum bukanlah pemenang yang tidak terbantahkan, dan selalu ada peluang untuk menemukan spesies yang lebih besar. Penggalian di Amerika Selatan masih dalam tahap awal dibandingkan dengan belahan bumi utara di mana dinosaurus-dinosaurus telah dipelajari secara ekstensif sejak abad ke-19. Mengingat jumlah titanosaurus yang tela ditemukan di bebatuan Patagonia, ada kemungkinan bahwa suatu saat nanti spesies yang lebih besar akan ditemukan. 

 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement