Rabu 24 Apr 2024 11:02 WIB

Apple Bakal Kenalkan iPad baru, Apa Pembaruan yang Menarik?

Apple berencana merilis iPad Pro OLED dan iPad Air baru pada musim semi ini.

Rep: Santi Sopia/ Red: Friska Yolandha
Apple akan memperkenalkan iPad pada tahun ini.
Foto: Los Angeles Times
Apple akan memperkenalkan iPad pada tahun ini.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setelah memulai tahun 2024 dengan peluncuran Vision Pro, langkah berikutnya dalam rencana Apple tahun 2024 adalah acara pengenalan produk iPad baru pada bulan Mei. Apple akan mengadakan “special Apple Event” pada 7 Mei mendatang.

Gambar undangan tersebut menyertakan Apple Pencil, sehingga sangat jelas bahwa iPad akan menjadi fokus acara virtual ini.

Baca Juga

Selama berbulan-bulan, telah beredar rumor bahwa Apple berencana merilis iPad Pro OLED dan iPad Air baru pada musim semi ini. Sekarang, Apple mengonfirmasi acara virtual pada 7 Mei di mana perusahaan akan mengumumkan perangkat barunya.

"Acara peluncuran iPad diperkirakan akan menyertakan jajaran baru model iPad Pro dan iPad Air dengan chip M3 Apple," demikian dikutip dari Zdnet, Rabu (24/4/2024).

Kedua iPad tersebut dikabarkan menjadi model iPad terbesar dan tertipis, dan tersedia dalam dua ukuran, menampilkan layar 11 inci atau 12,9 inci. Untuk pertama kalinya, layar iPad Pro diperkirakan akan menggunakan teknologi OLED.

Meskipun Apple mengadakan Konferensi Pengembang Sedunia (WWDC) pada tanggal 10 Juni, acara tersebut dikhususkan untuk pengumuman iOS, iPadOS, visionOS, dan macOS baru, ditambah strategi AI baru Apple. Acara bulan Mei akan fokus pada peluncuran produk baru, dengan OLED iPad Pro menjadi bintang utamanya.

Belum diketahui berapa harga iPad Pro OLED baru, namun Mark Gurman dari Bloomberg berspekulasi bahwa kemungkinan akan ada kenaikan harga yang besar.

Grafik acara tersebut menampilkan Apple Pencil, semuanya membenarkan rumor tentang model generasi ketiga yang akan diluncurkan pada bulan Mei. Apple meluncurkan Apple Pencil pertama pada tahun 2015, Apple Pencil 2 pada tahun 2018, dan USB-C Apple Pencil pada November 2023.

Dengan iPadOS 17.5 yang mengisyaratkan gerakan baru yang memungkinkan pengguna melakukan tugas cepat hanya dengan menekan Apple Pencil, ekspektasi terhadap stylus generasi ketiga semakin meningkat. Apple Pencil 2 memiliki gerakan ketuk dua kali yang memungkinkan pengguna berpindah alat, tetapi tidak ada dukungan gerakan "memeras".

Apple Pencil 3 dikabarkan dibanderol dengan harga 130 dolar AS, mendukung layanan 'Find My service' dari Apple, dan dilengkapi fitur tip magnetis yang dapat diganti.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement