Kamis 18 Apr 2024 08:39 WIB

Mengenal Menteebot, Robot AI Berukuran Manusia yang Diperintahkan dengan Bahasa Alami 

Menteebot dapat berjalan, berlari, berputar, dan mengangkat benda seperti manusia.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Friska Yolandha
Menteebot, Robot AI berukuran manusia yang dikembangkan Mentee Robotics.
Foto: Gizmochina
Menteebot, Robot AI berukuran manusia yang dikembangkan Mentee Robotics.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah robot berukuran manusia yang diisi dengan fitur-fitur yang dilengkapi dengan fitur-fitur yang dilengkapi dengan kecerdasan Buatan (AI), Menteebot baru-baru ini diperkenalkan. Robot ini diiklankan sebagai robot berbasis AI terpersonalisasi yang dapat Anda bimbing.

Dilansir Engadget, Kamis (18/4/2024), robot itu dapat berlari, berjalan ke samping, dan bahkan berputar. Semuanya dilakukan dengan keseimbangan dan kendali yang sama seperti manusia.

Baca Juga

Produsen Mentee Robotics juga mengatakan akan menyesuaikan gaya berjalannya saat mengangkat benda berat. Ia seharusnya mampu mengangkat benda berat ini dengan mudah karena ukurannya yang sangat besar. Banyak dari modelnya juga tidak memiliki kepala. 

Sekarang, kita sudah memiliki robot humanoid. Ada Asimo dari Honda yang sayangnya dihentikan produksinya, dan pasukan nightmare creatures yang sedang sibuk dibuat oleh Boston Dynamics. Agility Robotics telah membangun asisten robotnya Digit dan Elon Musk mengatakan bahwa Tesla sedang mengerjakan robot humanoid yang disebut Optimus. 

Ada satu perbedaan besar antara bot yang disebutkan di atas dan kreasi Mentee. Menteebot dilengkapi dengan algoritma AI, model pemrosesan bahasa alami, dan perangkat lunak yang membuka “teknik-teknik pelatihan tingkat lanjut”. Perusahaan mengatakan bahwa ini berarti robot “tidak terikat pada serangkaian perintah terbatas” dan bahkan dapat melakukan percakapan dengan manusia. Faktanya, pengguna memberikan perintah kepada robot melalui bahasa alami 

Menteebot adalah robot dengan dua tangan dan dua kaki, yang, secara teori, dapat melakukan banyak hal yang sama seperti kita lakukan. Perusahaan mengatakan Engadget dapat melatihnya untuk melakukan hal-hal ini. Tampaknya ini berfungsi seperti teknologi AI kontroversial lainnya, Rabbit R1. 

Untuk mengajari Menteebot tugas baru, Anda menjalankan versi simulasi bot melalui versi digital tugas tersebut. Perangkat lunak ini menyelesaikan tugas berulang-ulang hingga dapat menemukan jawabannya. 

Maka robot tersebut harus mampu menyelesaikan tugasnya di dunia nyata. Ini sepertinya janji yang sangat muluk-muluk, tapi kita tunggu saja hasil akhirnya. Engadget berharap ia tidak berhalusinasi dan melakukan apa pun yang diinginkannya seperti teknologi AI lainnya. 

Menteebot memang terlihat cukup lincah. Ada banyak sekali video robot yang sedang berjalan. Ia dapat berlari dan lengan serta tangannya “menghadirkan berbagai gerakan penuh dan akurasi yang cukup untuk melakukan tugas-tugas rumit.” Untuk itu, ada video saat ia dengan lembut menyerahkan peralatan makan kepada seseorang. 

Meskipun kecil kemungkinan robot ini akan memenuhi materi promosi awal ketika tiba pada 2025, robot ini masih terlihat sangat keren. Tidak ada harga yang diumumkan, tapi pastinya akan jauh lebih mahal daripada pin 700 dolar Amerika Serikat (AS) atau sekitar Rpp 11,3 juta. Ini adalah robot humanoid lincah yang beratnya lebih dari 150 pon atau sekitar 68,03 kg. 

Menteebot akan tersedia dalam dua varian. Ada bot perumahan, yang dipaksa melakukan pekerjaan rumah tangga, dan bot komersial, yang dipaksa melakukan pekerjaan manual. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement