Selasa 16 Apr 2024 12:11 WIB

NASA Rancang Metode Inovatif Bawa Kembali Sampel Mars ke Bumi

Rancangan asli program Pengembalian Sampel Mars sangatlah rumit dan mahal.

Rep: Santi Sopia/ Red: Friska Yolandha
Rover Perseverance. NASA sedang mencari metode inovatif yang dapat membantu mengambil sampel yang dikumpulkan oleh penjelajah Perseverance Planet Mars.
Foto:

Melihat ke masa depan

Laboratorium Propulsi Jet NASA, di Pasadena, California, mengelola misi penjelajah Perseverance dan upaya eksplorasi lainnya di Mars.

Upaya program pengembalian saat ini sedang dilakukan di JPL ketika terjadi PHK di lokasi tersebut pada bulan Februari untuk memenuhi persyaratan pemotongan anggaran. Arsitektur baru yang pada akhirnya dikembangkan untuk misi pengembalian sampel akan menentukan ruang lingkup pengawasan manajemen JPL.

Badan Antariksa Eropa juga berperan besar dalam mengembangkan program tersebut. Fox mengonfirmasi bahwa badan tersebut masih terlibat dalam diskusi tentang masa depan program tersebut.

Untuk tahun fiskal 2025, Fox mengatakan dia merekomendasikan permintaan anggaran sebesar 200 juta dolar AS. Sementara NASA menilai arsitektur alternatif, yang juga akan memungkinkan ilmu pengetahuan planet lainnya untuk dilanjutkan di JPL dan pusat NASA lainnya.

Langkah NASA selanjutnya akan memposisikan tim untuk memajukan misi transformasional ini dan memberikan ilmu pengetahuan revolusioner dari Mars. Sehingga memberikan wawasan baru yang penting mengenai asal usul dan evolusi Mars, tata surya, dan kehidupan di Bumi.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement