Selasa 16 Apr 2024 12:11 WIB

NASA Rancang Metode Inovatif Bawa Kembali Sampel Mars ke Bumi

Rancangan asli program Pengembalian Sampel Mars sangatlah rumit dan mahal.

Rep: Santi Sopia/ Red: Friska Yolandha
Rover Perseverance. NASA sedang mencari metode inovatif yang dapat membantu mengambil sampel yang dikumpulkan oleh penjelajah Perseverance Planet Mars.
Foto:

Anggaran yang lebih sedikit dan kenaikan biaya berdampak pada pengembalian sampel Mars

Menurut Nelson, anggaran yang lebih sedikit dan kenaikan biaya berdampak pada Pengembalian Sampel Mars 11 miliar dolar AS untuk program ini akan menyebabkan NASA melakukan kanibalisasi terhadap program dan misi sains lainnya.

Misi tersebut antara lain NEO, atau Near-Earth Object, Surveyor untuk menemukan asteroid yang mungkin menimbulkan risiko bagi Bumi; Dragonfly, yang akan menyelidiki potensi kelayakhunian bulan Saturnus, Titan; dan misi seperti DAVINCI dan VERITAS untuk mengungkap rahasia Venus. 

Nelson berharap bahwa anggaran untuk tahun fiskal 2026 tidak akan terlalu terbatas, sehingga membuka lebih banyak pendanaan sains untuk NASA. Namun ini tidak menyelesaikan masalah langsung mengenai bagaimana mengatasi kemajuan dengan Pengembalian Sampel Mars. Oleh karena itu, badan antariksa membuka peluang bantuan.

Inovasi dan teknologi terpercaya

Pejabat badan tersebut akan segera mengumumkan permohonan ke pusat-pusat dan industri NASA untuk mengembangkan rencana baru yang menggabungkan inovasi dengan pembelajaran dari teknologi yang telah terbukti, menurut Fox. NASA menargetkan tahun 2030an untuk misi pengembalian sampel dengan kompleksitas, biaya dan risiko yang lebih sedikit, katanya.

"Ini adalah penyelesaian proposal yang cepat, dan badan tersebut berharap mendapatkan jawaban tentang cara terbaik untuk mengembalikan sampel dari Mars pada musim gugur," kata Nelson.

Persyaratan dasar dari proposal tersebut adalah mengembalikan 30 sampel yang dikurasi secara ilmiah yang diambil oleh Perseverance dari berbagai lokasi, menurut Fox.

Mars sanga penting karena satu-satunya lokasi yang mungkin memiliki kehidupan. Tim memahami untuk melakukan sesuatu dengan lebih cepat, harus mengurangi cakupan jumlah sampel.

Permintaan arsitektur baru untuk Pengembalian Sampel Mars akan mencakup serangkaian spesimen yang diinginkan untuk dikembalikan ke Bumi.

“Kami beroperasi berdasarkan premis bahwa ini adalah tujuan nasional yang penting bagi kami untuk mengembalikan sampel tersebut,” kata Nelson.

Laboratorium Propulsi Jet....

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement