Selasa 16 Apr 2024 08:47 WIB

Rocket Lab akan Luncurkan Teknologi Pelayaran Matahari Baru NASA

Misi ini menguji penerapan pelayaran matahari menggunakan ledakan komposit baru.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Friska Yolandha
Ledakan matahari.
Foto: Andrew McCarthy/@cosmic_background)
Ledakan matahari.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Misi pelayaran matahari (solar sail mission) NASA yang dimaksudkan untuk menguji material perjalanan ruang angkasa baru di orbit Bumi dijadwalkan lepas landas paling cepat 24 April. Badan antariksa tersebut mengumumkan pada Kamis (11/4/2024).

Dilansir Space, Selasa (16/4/2024), Misi ini dinamakan Advanced Composite Solar Sail System atau ACS3. Tujuan utama misi ini adalah untuk menguji penerapan pelayaran matahari menggunakan ledakan komposit baru, yang merupakan bahan berbentuk tabung yang dimaksudkan untuk membentangkan dan menahan empat lembaran segitiga yang sangat tipis dengan kencang. Lembaran-lembaran ini, bersama-sama, membentuk pelayaran matahari seperti layang-layang. 

Baca Juga

Ledakan ACS3 menarik pelayaran matahari menjadi seukuran apartemen kecil dari satelit berukuran gelombang mikro dalam waktu kurang dari 30 menit, dan lebih kaku serta ringan dari teknologi sebelumnya, kata NASA dalam sebuah pernyataan. Pesawat luar angkasa tersebut dijadwalkan untuk diluncurkan dengan roket Electron milk Rocket Lab dari lokasi peluncuran perusahaan di Māhia, Selandia Baru.

Pelayaran-pelayaran matahari, yang menggerakkan muatan dengan memanfaatkan sinar matahari sama seperti perahu layar menggunakan angin, telah mendapatkan momentum dalam beberapa tahun terakhir sebagai alternatif yang terjangkau dibandingkan roket-roket konvensional yang berbahan bakar kimia.

Ketika partikel cahaya yang disebut foton menabrak pelayaran matahari, mereka mentransfer momentumnya ke pelayaran tersebut. Meskipun kecil, dorongan halus tersebut konsisten dan dapat membantu pesawat ruang angkasa menjelajah ruang angkasa, bahkan memungkinkan mereka untuk berakselerasi dari waktu ke waktu hingga kecepatan yang dapat dicapai dengan roket-roket konvensional. 

Ahli astrobiologi menganggap pelayaran matahari layak untuk mencari kehidupan asing di bulan Jupiter, Europa, dan bulan Saturnus, Enceladus, dua dunia yang tertutup es yang dianggap memiliki kondisi-kondisi  yang ramah terhadap kehidupan seperti yang kita kenal di lautan-lautan bawah permukaannya yang tersembunyi.

Meskipun misi-misi sebelumnya seperti LightSail 2 yang dilakukan oleh Planetary Society telah menunjukkan bahwa pesawat ruang angkasa kecil memang dapat memanfaatkan pelayaran matahari untuk melakukan perjalanan jutaan mil dan mengubah orbit sesuai kebutuhan, misi-misi  tersebut menggunakan ledakan logam, yang berat dan dapat berubah secara tidak terduga karena perubahan suhu tajam yang diketahui terjadi di luar angkasa.

Sementara itu, ACS3 empat kali lebih besar dari LightSail dan menggunakan ledakan yang lebih ringan yang terbuat dari polimer yang diperkuat serat karbon, atau CFRP, yang cukup kuat untuk menahan pelayaran matahari dengan kencang sekaligus cukup fleksibel untuk dilipat dengan kompak untuk peluncuran, kata NASA.

“Ledakan setinggi tujuh meter yang dapat dikerahkan dapat digulung menjadi bentuk yang pas di tangan Anda,” Alan Rhodes, insinyur sistem utama misi di Pusat Penelitian Ames NASA di California, mengatakan dalam pernyataan itu. 

“Harapannya adalah bahwa teknologi baru yang diverifikasi pada pesawat ruang angkasa ini akan menginspirasi orang lain untuk menggunakannya dengan cara yang belum pernah kita pertimbangkan sebelumnya.”

Setelah pesawat ruang angkasa mencapai orbit yang telah ditentukan yaitu 600 mil (1.000 kilometer) di atas permukaan bumi, pesawat tersebut akan memulai proses 25 menit untuk membuka gulungan ledakan-ledakan komposit, yang membentang sepanjang diagonal pelayaran Dengan asumsi semuanya berjalan sesuai rencana, misi tersebut juga akan menguji perubahan orbit pesawat ruang angkasa melalui pelayaran matahari, sebuah manuver yang dapat memberikan data berguna untuk misi masa depan, kata NASA.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement