Kamis 11 Apr 2024 00:55 WIB

Deretan Model iPhone Ini akan Masuk Kategori Obsolete dan Vintage

Ponsel iPhone ini tak lagi bisa mendapatkan layanan perbaikan hardware.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Friska Yolandha
Ilustrasi Iphone 8. Deretan ponsel iphone ini akan masuk kategori vintage dan obsolate.
Foto: Foto : MgRol_93
Ilustrasi Iphone 8. Deretan ponsel iphone ini akan masuk kategori vintage dan obsolate.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Apple baru saja memperbarui daftar model iPhone yang kini sudah masuk ke dalam kategori obsolete. Ketika masuk ke dalam kategori obsolete, ponsel iPhone tak lagi bisa mendapatkan layanan perbaikan hardware dan akan sangat jarang mendapatkan pembaruan sistem operasi.

Melalui laman resminya, Apple menyatakan bahwa produk obsolete atau usang merupakan produk yang produksinya telah dihentikan sejak lebih dari tujuh tahun lalu. Apple tak akan menyediakan servis perangkat keras untuk produk obsolete dan penyedia jasa servis juga tak bisa memesan suku cadang untuk produk obsolete.

Baca Juga

Model iPhone yang masuk ke dalam kategori obsolete juga akan sangat jarang menerima pembaruan keamanan iOS. Bahkan, bukan tidak mungkin bila pembaruan keamanan iOS akan terhenti sepenuhnya untuk model iPhone dalam kategori obsolete.

Terhentinya pembaruan keamanan iOS bisa menjadi masalah yang serius dan patut diwaspadai oleh pengguna ponsel. Karena tanpa pembaruan keamanan iOS, sebuah ponsel iPhone bisa menjadi lebih rentan untuk terkena serangan siber.

Dalam "skenario terbaik" pun, iPhone yang sudah masuk ke dalam kategori obsolete akan terganggu kinerjanya. Selain tak bisa berfungsi secara optimal, ponsel iPhone yang usang biasanya akan menunjukkan performa sangat lambat dan menjadi buggy.

Oleh karena itu, pengguna iPhone sangat dianjurkan untuk memakai model iPhone yang masih didukung oleh Apple dan menghindari model dalam kategori obsolete. Berikut ini adalah daftar terbaru model iPhone yang telah masuk ke dalam kategori obsolete atau usang, seperti dilansir Forbes pada Selasa (9/4/2024):

  1. iPhone 3G (daratan China) 8GB
  2. iPhone 3G 8GB dan 16GB
  3. iPhone 3GS (daratan China) 16GB dan 32GB
  4. iPhone 3GS 8GB
  5. iPhone 3GS 16GB dan 32GB
  6. iPhone 4 CDMA
  7. iPhone 4 CDMA 8GB
  8. iPhone 4 16GB dan 32GB
  9. iPhone 4 GSM 8GB dan Black
  10. iPhone 4S
  11. iPhone 4S 8GB
  12. iPhone 5C
  13. iPhone 6 Plus

Selain memperbarui daftar iPhone yang masuk ke dalam kategori obsolete, Apple juga memperbarui daftar iPhone dalam kategori vintage. Sebuah model iPhone bisa dikategorikan sebagai vintage bila Apple telah berhenti memproduksinya selama lebih dari lima tahun dan kurang dari tujuh tahun.

Model iPhone berkategori vintage masih akan mendapatkan dukungan sebagian dari Apple. Artinya, iPhone dalam kategori vintage masih akan menerima pembaruan keamanan iOS sesekali untuk memperbaiki celah keamanan yang besar.

Selain itu, model-model iPhone vintage juga masih bisa mendapatkan layanan perbaikan hardware, meski ketersediaan suku cadangnya sangat terbatas. Berikut ini adalah daftar terbaru model iPhone yang masuk ke dalam kategori vintage:

  • iPhone 4 (8GB)
  • iPhone 5
  • iPhone 5S
  • iPhone 6
  • iPhone 6s (32GB)
  • iPhone 6s Plus (32GB)
  • iPhone SE
  • iPhone 8 Red
  • iPhone 8 Plus Red

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement