REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Alternative Media Group (AMG) bersama Digital Mediatama Maxima Tbk (DMMX) menjalin kemitraan strategis dalam pengelolaan dan penjualan layar digital milik DMMX.
Kedua pihak berkomitmen untuk mengombinasikan keunggulannya dalam memberikan solusi iklan digital yang lebih efektif dan efisien dengan menyajikan transformasi media dan iklan menjadi pengalaman yang lebih dinamis dan menarik bagi konsumen, khususnya di pasar ritel.
CEO AMG Davy Makimian di Jakarta, dikutip dari Kantor Berita Antara, Senin (8/4/2024), mengungkapkan bahwa kemitraan tersebut sangat penting dalam mengoptimalkan potensi kedua belah pihak dan akan memberikan dampak signifikan bagi pendapatan kedua perusahaan.
"Kerja sama ini menciptakan solusi iklan yang unggul bagi brand untuk dapat terhubung dengan audiens-nya dengan lebih menarik dan efisien khususnya di pasar ritel. Kami percaya bisnis model seperti ini akan semakin besar ke depannya," kata Davy.
Adapun, penandatanganan kesepakatan kerja sama telah dilakukan oleh Davy Makimian dan Direktur Utama DMMX Budiasto Kusuma pada Rabu (27/3/2024) lalu.
AMG sebagai penyedia media luar griya (MLG/OOH) berupaya memperluas jaringan dan memaksimalkan layanannya dengan memberikan solusi iklan digital (Digital Out-of-Home/DOOH) yang dioptimalisasi berdasarkan data dan target yang akurat.
Saat ini, AMG telah memiliki inventaris media aset lebih dari 5.000 layar digital di lebih dari 2.500 gedung dengan dominasi di gedung perkantoran yang terletak di area premium, pusat perbelanjaan, apartemen dan rumah sakit, inventaris tersebut tersebar di empat kota besar di Indonesia.
Hal itu merupakan komitmen AMG untuk terus melakukan inovasi setelah sebelumnya menyepakati kerja sama dengan platform media sosial terbesar di dunia, TikTok pada awal 2024 ini.
Nantinya kedua belah pihak akan saling melengkapi ekosistem yang telah dibangun oleh masing-masing pihak sebelumnya. Kombinasi pengalaman AMG dalam industri MLG selama 17 tahun dan keunggulan DMMX melalui jaringan luas dan teknologi, memungkinkan kerja sama itu untuk melakukan segmentasi yang lebih baik dan memungkinkan iklan yang lebih sesuai dengan audiens sehingga menghasilkan peningkatan retensi pesan iklan dan konversi.
Sementara itu, CEO DMMX Budiasto Kusuma menyambut baik langkah strategis tersebut dan berharap dapat menjadi kolaborasi yang berkelanjutan.
"Kerja sama ini membawa nilai tambah yang signifikan bagi klien dan menjadi tonggak penting dalam evolusi industri iklan digital dan kami berharap dapat membuka pintu kolaborasi lebih lanjut di masa depan," kata dia.
DMMX sebagai perusahaan layanan platform riteler dan konsumen menyediakan layanan end-to-end mulai dari platform konten Cloud, platform ritel pintar berbasis kecerdasan buatan (AI), platform perdagangan hingga keterlibatan konsumen, menawarkan jaringan luas dari berbagai jenis layar digital perdagangan hingga keterlibatan konsumen, yang tersebar di beberapa lokasi strategis, mencakup pusat perbelanjaan, jalur transportasi umum, dan lain-lain.
Selain itu, kedua belah pihak berkomitmen untuk menjadikan kemitraan tersebut sebagai bagian dari ekosistem bersama. Dengan harapan bahwa kolaborasi itu akan terus berkembang di masa depan, tidak hanya terbatas pada aset yang dimiliki saat ini, namun juga aset-aset baru yang sedang dikembangkan masing-masing pihak.
AMG dan DMMX pun menegaskan tekad bersama untuk menjadi kekuatan baru dalam dunia periklanan digital ritel. Seiring perkembangan teknologi dan perilaku konsumen yang dinamis, kemitraan strategis antara AMG dan DMMX memberikan sinyal positif bagi industri periklanan bahwa adaptasi dan inovasi merupakan kunci meraih kesuksesan di masa depan.