Kamis 04 Apr 2024 15:06 WIB

Berapa Lama Durasi Gerhana Matahari Total 8 April?

Berapa lama durasi gerhana matahari 8 April bergantung pada lokasi melihatnya.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Friska Yolandha
Gerhana Matahari Total (ilustrasi). Berapa lama gerhana matahari total pada 8 April terjadi?
Foto:

“Kita bisa merasakan 90 persen totalitas maksimum dengan berkendara 60 persen jarak dari tepi jalan ke pusat,” kata Zeiler melanjutkan.

Jadi, berapa lama gerhana matahari total berlangsung bergantung sepenuhnya pada lokasi kita berada, namun semua itu memerlukan konteks. Gerhana matahari total pada 2010 merupakan kali terakhir gerhana matahari total berlangsung selama lebih dari empat menit, dengan gerhana matahari terakhir di Amerika Serikat pada 2017 yang berlangsung maksimal 2 menit 42 detik.

Selain itu, hal terpenting pada 8 April adalah berada di mana saja di dalam jalur totalitas yang langitnya cerah.

Saat gerhana dimulai ketika matahari terbit di selatan Pulau Starbuck di Samudra Pasifik pada pukul 06.24 waktu setempat pada 9 April (1624 GMT 8 April), bayangan bulan akan berada sejauh mungkin dari bulan.

Jalur totalitas (lebar bayangan bulan) akan mencapai 89,5 mil (144 kilometer) saat pertama kali muncul di Bumi. Alhasil, totalitasnya akan lebih singkat, hanya berdurasi 2 menit 6 detik.

Sekitar 5.000 mil kemudian adalah titik gerhana terbesar, di mana gerhana total akan berlangsung selama 4 menit 28 detik mulai pukul 12.15 CST (1715 GMT) di atas kota kecil bernama Nazas, sekitar 25 menit barat laut Torreón di negara bagian Durango, Meksiko.

Pada titik ini, bulan akan berada sedekat mungkin dengan Bumi saat gerhana, hanya karena Bumi berbentuk bulat. Di Nazas lah pusat-pusat bulan, Bumi, dan matahari sejajar sempurna. Di sana, jalur totalitas akan memiliki lebar 123 mil (197 km) (yang terlebar selama gerhana).

 

Saat gerhana berakhir ketika matahari terbenam di Samudera Atlantik pada pukul 16.53 EDT (2053 GMT) pada 8 April, bayangan bulan akan kembali berada sejauh mungkin dari bulan. Jalur totalitas di sini hanya selebar 88 mil (142 km) saat terakhir kali muncul di Bumi. Totalitas akhir ini akan berlangsung 2 menit 3 detik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement