Kamis 04 Apr 2024 15:06 WIB

Berapa Lama Durasi Gerhana Matahari Total 8 April?

Berapa lama durasi gerhana matahari 8 April bergantung pada lokasi melihatnya.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Friska Yolandha
Gerhana Matahari Total (ilustrasi). Berapa lama gerhana matahari total pada 8 April terjadi?
Foto: VOA
Gerhana Matahari Total (ilustrasi). Berapa lama gerhana matahari total pada 8 April terjadi?

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Durasi gerhana matahari total di bulan April akan bergantung pada lokasi yang dilewatinya. Pada 8 April 2024, gerhana matahari total akan terlihat dari sebagian Amerika Utara, dengan setidaknya seluruh benua mengalami fase parsial.

Momen totalitas pertama yang terlihat di Bumi akan terjadi pada pukul 12.38 EDT (1638 GMT) dan yang terakhir pada 15.55 EDT (1955 GMT), sehingga jika dijumlahkan gerhana matahari total akan terjadi selama 3 jam 16 menit dan 45 detik.

Baca Juga

Ini adalah efek umbra bulan, bayangan gelap di tengahnya, yang akan menciptakan jalur totalitas seleba sekitar 115 mil (185 kilometer), secara diagonal melintasi sebagian benua Amerika Utara.

Sementara itu, total durasi gerhana matahari total di wilayah lain, di Meksiko 40 menit 43 detik, di Amerika Serikat 67 menit 58 detik, dan di Kanada 34 menit 4 detik.

Bumi bulat, begitu pula bulan. Ketika bayangan bulan mengenai Bumi, bayangan tersebut berbentuk miring seperti oval yang memanjang, menjadi bayangan yang lebih melingkar pada titik gerhana terbesar, dan kemudian meregang kembali.

Kita harus berada di jalur umbra (bagian dalam gelap bayangan bulan) untuk bisa melihat totalitas. Pengalaman kita tidak hanya bergantung pada lokasi di sepanjang jalan, tetapi juga seberapa dekat kita dengan garis tengahnya. Semakin dekat ke garis tengah, semakin lama durasi totalitasnya.

Namun jangan terlalu khawatir untuk sedekat mungkin dengan garis tengah. “Orang-orang yang mengunjungi jalur totalitas pada 8 April ini tidak perlu pergi ke pusat jalur untuk melihat gerhana berdurasi lama,” kata kartografer gerhana di GreatAmericanEclipse.com, Michael Zeiler.

Berapa lama gerhana berlangsung....

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement