Jumat 29 Mar 2024 08:57 WIB

Elon Musk Umumkan Beberapa Akun X akan Dapatkan Fitur Premium Gratis 

Semua akun X dengan 2.500 pengikut terverifikasi akan dapatkan fitur Premium gratis.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Friska Yolandha
Elon Musk telah mengumumkan bahwa mulai sekarang, beberapa pengguna media sosial X dapatkan akses fitur Premium gratis.
Foto: EPA-EFE/TOLGA AKMEN
Elon Musk telah mengumumkan bahwa mulai sekarang, beberapa pengguna media sosial X dapatkan akses fitur Premium gratis.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Elon Musk telah mengumumkan bahwa mulai sekarang, beberapa pengguna media sosial X (sebelumnya Twitter) akan mendapatkan akses ke fitur-fitur X Premium tanpa harus membayarnya. Akses gratis akan diterapkan ke akun-akun secara otomatis, menurut cicitan Musk, tetapi hanya jika akun tersebut memenuhi syarat dan memenuhi ambang batas minimum tertentu. 

Beberapa pengguna juga akan mendapatkan akses gratis ke fitur Premium+, yang merupakan tingkatan lebih tinggi di atas Premium reguler, termasuk akses ke hal-hal seperti chatbot AI Grok yang tidak terlalu membatasi dan tidak adanya iklan-iklan. 

Baca Juga

“Ke depannya, semua akun X dengan lebih dari 2.500 pengikut pelanggan terverifikasi akan mendapatkan fitur Premium gratis dan akun dengan lebih dari 5.000 akan mendapatkan Premium+ gratis,” tulis Musk melalui akunnya, @elonmusk, di X, dilansir Slash Gear, Kamis (28/3/2024). 

Tidak jelas apa yang menginspirasi perubahan ini dan apakah perubahan ini akan tetap seperti yang dinyatakan dalam beberapa pekan mendatang. Musk memiliki sejarah dalam mengumumkan rencana dan perubahan baru pada X, hanya untuk disempurnakan atau diperbaiki di kemudian hari. 

Namun, berita tersebut mungkin cukup untuk membawa beberapa pengguna kembali ke platform, karena memenuhi jumlah minimum pelanggan akan memberi mereka tanda centang biru terverifikasi yang dulu didambakan tanpa harus membayar. 

Ini bukan pertama kalinya beberapa orang mendapatkan centang biru secara gratis. Pada satu titik, X menerapkannya ke beberapa akun selebriti tanpa bertanya. 

X Premium hadir dengan beberapa fasilitas utama

Menurut Musk, akun yang memiliki setidaknya 2.500 pelanggan terverifikasi akan diberikan akses ke X Premium meskipun mereka belum terdaftar. Namun, untuk mendapatkan akses gratis ke fitur Premium+, Anda harus memiliki setidaknya 5.000 pengikut terverifikasi. 

Saat ini masih belum jelas apakah akan ada masa tenggang saat fitur tetap tersedia untuk mengakomodasi fluktuasi-fluktuasi kecil jumlah pelanggan ketika mendekati ambang batas. Namun rincian tersebut kemungkinan akan tiba dalam beberapa hari mendatang. 

 Pengguna X “dasar” diberikan akses ke apa yang disebut perusahaan sebagai fitur premium “penting”, termasuk kemampuan untuk mengatur ikon aplikasi khusus dan memposting pesan yang lebih panjang daripada yang mungkin dilakukan pada masa Twitter. Sementara itu, Premium menambahkan hal-hal seperti bagi hasil, lebih sedikit iklan, secara umum, dan tanda centang biru. 

Langganan Premium+ memiliki fitur paling banyak, namun merupakan fitur yang paling menarik bagi pembuat konten dan pengguna tingkat lanjut. Hal-hal  tersebut termasuk akses ke Grok (di wilayah yang berlaku), akses ke linimasa “Following”, dan penghapusan iklan-iklan dari bagian feed “For You”.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement