Selasa 26 Mar 2024 07:24 WIB

Cara Menghindari Suhu Panas pada Laptop Gaming

Akumulasi debu di kipas dan ventilasi laptop gaming dapat menghambat aliran udara.

Rep: Shelbi Asrianti / Red: Friska Yolandha
Laptop Gaming MI
Foto:

3. Pakai cooling pad

Cooling pad atau bantalan pendingin laptop adalah aksesori eksternal yang dirancang untuk mendinginkan laptop, terlebih selama tugas berat seperti bermain game. Bantalan pendingin dapat diletakkan di bawah laptop gaming atau dipasang langsung pada laptop atau stand laptop.

4. Ganti thermal paste

Ada kemungkinan thermal paste perlu diganti jika laptop mengalami masalah panas berlebih terus-menerus. Thermal paste adalah senyawa yang membantu menghantarkan panas dari prosesor. Seiring waktu, thermal paste bisa menjadi rusak dan kurang efektif dalam menghilangkan panas.

5. Sesuaikan pengaturan grafis

Mengurangi pengaturan grafis dan fps dalam game dapat membantu mengurangi beban pada perangkat keras laptop. Pengaturan grafis dan fps yang tinggi cenderung membebani GPU, menghasilkan lebih banyak panas, jadi menurunkannya dapat bermanfaat. Apalagi, pada game perang strategi dan baku tembak.

6. Pastikan ventilasi yang baik

Metode efektif untuk menjaga suhu laptop tetap sejuk selama bermain game adalah memastikan temperatur ruangan sejuk dan berventilasi baik. Buka jendela atau pakai laptop di ruangan ber-AC atau dengan kipas angin bisa membantu. Seperti semua perangkat elektronik, laptop memerlukan udara segar untuk pendinginan yang efektif.  

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement