Senin 25 Mar 2024 07:20 WIB

Livy Renata Viral Usai Open Donasi untuk Beli Mobil Mewah Via Trakteer, Aplikasi Apa Itu?

Trakteer adalah platform yang membantu kreator untuk memonetiasi karya.

Rep: Santi Sopia/ Red: Friska Yolandha
Aplikasi Trakteer.
Foto: Trakteer
Aplikasi Trakteer.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Influencer dan konten kreator Livy Renata viral di X (sebelumnya bernama Twitter), setelah dirinya mendapat banyak reaksi dari warganet. Pasalnya, Livy dianggap meminta sumbangan agar bisa membelikan mobil Mercedes Benz untuk ibunya, Susana Rahardjo, sebagai hadiah ulang tahun. 

Di aplikasi Trakteer, Livy menulis ingin membelikan mobil untuk ibunya dalam bahasa Inggris. Tampilan dalam aplikasi mirip dengan link agar orang atau pengguna aplikasi bisa memberikan sumbangan.

Baca Juga

Belakangan diketahui bahwa Livy, melalui broadcast channel yang beredar, walaupun belum terkonfirmasi, dia mengunggah klarifikasi jika itu bukanlah open donasi. Link tersebut berkaitan dengan foto eksklusif.

Namun, diakui Livy, ia tidak masalah jika melalui aplikasi Trakteer dirinya bisa membeli mobil. Bahkan, menurut dia, dirinya bisa berupaya agar nantinya bisa membeli rumah bahkan jet privat dari hasil usaha di aplikasi tersebut.

"And if ngemis is all i need to do to get that, then yaudah," tulis Livy.

Warganet menganggap tindakan Livy seperti orang kaya yang meminta donasi kepada orang miskin. "Puncak komedi ketika si miskin membantu yang kaya," tulis pengguna di X.

"Agama ngajarin nyumbang ke orang tajir tp kamu malah nyumbang ke orang tajir," ujar warganet.

"Emang apa salahnya? Ini kayak jualan foto," tulis warganet lainnya.

Apa itu Trakteer?

Dikutip dari laman Trakteer.id, Senin (25/3/2024), Trakteer adalah platform yang membantu kreator untuk memonetiasi karya dan menerima dukungan finansial sebagai bentuk apresiasi dengan cara yang berbeda dan menyenangkan. Trakteer dapat digunakan oleh siapa saja, terlepas dari apa pun jenis dan bentuk karya, asalkan tidak melanggar hukum yang berlaku di Indonesia.

Pengguna bisa mulai mendapat dukungan di Trakteer, tidak peduli berapa pun banyaknya jumlah follower, subscriber atau audiens. Tidak sedikit kreator yang mendapatkan gaji pertama dalam hidup mereka di Trakteer. Bahkan, beberapa kreator bisa meraup puluhan hingga ratusan juta rupiah dalam satu bulan.

Trakteer mengenakan biaya layanan sebesar lima persen dari setiap dukungan yang diterima oleh kreator. Trakteer dapat diakses melalui alamat website https://trakteer.id.

Trakteer memfasilitasi konten kreator untuk mengumpulkan dukungan dana dari para penggemar melalui Halaman Kreator. Setiap dana yang dikumpulkan oleh kreator disimpan dalam akun kreator masing-masing (saldo Trakteer) yang kemudian dapat dicairkan ke rekening pribadi kreator.

Sederhananya, konten kreator bisa menjual, atau dalam arti mendapat donasi atas karya mereka yang diunggah di aplikasi tersebut. Untuk mengunggah konten di Trakteer, pengguna bisa memasukkan judul konten atau karya yang di inginkan di kolom “Judul Rewards”, selanjutnya pilih kategori, thumbnail, dan harga trakteeran yang sesuai dengan karya pengguna, lalu klik “Publish” dan pendukung bisa memberikan dana mereka di link karya tersebut.

Cara untuk mendapatkan dukungan finansial ini, antara lain sebagai berikut.

1. Buat karya ditrakteer

Konten kreator membuat karya dalam bentuk tulisan, audio, video, dan gambar. Itu bisa dijadikan sebagai reward untuk para supporter

2. Bagikan dan raih dukungan

Kreator bisa membagikan link karya atau link trakteer di media sosial agar bisa mendapatkan trakteeran dari supporter.

3. Cairkan trakteeran

Pengguna bisa mencairkan uang trakteeran ke beragam pilihan rekening dan e-wallet sesuai yang diinginkan. Santi Sopia

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement