Ahad 10 Mar 2024 11:48 WIB

Fokus Pengembangan Artificial Intelligence Untukmu.AI Siap Disrupsi Pasar Pemberian Hadiah

Aplikasi ini dapat mengidentifikasi preferensi dan kebutuhan penerima hadiah.

Untukmu.AI, startup dengan spesialisasi pengembangan teknologi artificial intelligence (AI).
Foto: Dok. UAI
Untukmu.AI, startup dengan spesialisasi pengembangan teknologi artificial intelligence (AI).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Untukmu.AI, startup dengan spesialisasi pengembangan teknologi artificial intelligence (AI), berhasil meraih pendanaan dalam putaran tahap awal (seed funding) yang dipimpin oleh 1982 Ventures dengan partisipasi dari sejumlah angel investor ternama. Untukmu.AI tidak mempublikasikan jumlah pendanaan yang diperoleh.

Didirikan oleh mantan founder Tokocrypto, Pang Xue Kai, bersama dengan Pang Xue Cong, investasi strategis yang dihimpun Untukmu.AI menandai tonggak perjalanan perusahaan merevolusi pengalaman konsumen melalui teknologi AI, dimulai dari industri hadiah dan berbagai industri lain, seperti kesehatan, travel, layanan finansial, hingga sektor gaya hidup. Pendanaan ini juga akan membantu rencana Untukmu.AI mengeksplorasi pemanfaatan blockchain dan token kripto untuk memberikan penghargaan bagi pengguna platform.

Baca Juga

Dengan tambahan modal yang diperoleh, Untukmu.AI berencana memperluas jangkauannya ke seluruh Indonesia dan mendisrupsi pasar pemberian hadiah yang diperkirakan memiliki nilai pasar sebesar US$20 miliar di Indonesia.

Di tengah persaingan bisnis yang semakin dinamis, membangun dan memelihara hubungan antar perusahaan menjadi salah satu aspek penting untuk dilakukan. Memahami pentingnya aspek ini, Untukmu.AI telah mengembangkan sebuah aplikasi berbasis AI yang dirancang untuk merevolusi cara korporasi, profesional seperti agen asuransi, UMKM, hingga startup, untuk memberikan hadiah personalisasi kepada karyawan, mitra bisnis, dan klien. Aplikasi ini baru saja dirilis pada awal tahun 2024.

Berawal dari keinginan untuk memanfaatkan kecanggihan AI dalam memperkaya pengalaman pemberian hadiah, Untukmu.AI menghadirkan platform yang memungkinkan pengguna, mulai dari individu hingga entitas korporat, untuk terhubung langsung dengan berbagai merchant penyedia produk hadiah. Dengan teknologi AI, aplikasi ini dapat mengidentifikasi preferensi dan kebutuhan penerima hadiah, memastikan bahwa setiap pilihan hadiah adalah personal dan bermakna.

Salah satu tantangan terbesar dalam pemberian hadiah korporat adalah menemukan hadiah yang sesuai dan memberikan kesan personal kepada penerima. Seringkali, hadiah yang diberikan terasa generik, memakan waktu, serta biaya yang besar untuk mengurus pembelian dan pengiriman hadiah. Untukmu.AI menyadari masalah ini dan menawarkan solusi melalui teknologi AI yang mampu menganalisis data untuk menghasilkan rekomendasi hadiah yang tidak hanya unik tetapi juga sesuai dengan profil penerima.

“Kami ingin pemberian hadiah korporat menjadi lebih personal dan bermakna. Dengan aplikasi kami, setiap hadiah akan menceritakan sebuah cerita, sebuah apresiasi yang tulus dari perusahaan kepada individu atau mitra bisnis yang berkontribusi dalam kesuksesannya,” kata Pang Xue Kai, Ahad (9/3/2024).

Pada tahun 2024, Untukmu.AI secara strategis memfokuskan layanannya pada sektor korporat, mengenali kebutuhan unik dan tantangan yang dihadapi oleh perusahaan dalam memberikan hadiah personalisasi. Aplikasi ini dirancang untuk menyederhanakan proses pemilihan hadiah, sekaligus memastikan bahwa setiap hadiah dapat disesuaikan dengan preferensi individu, dari karyawan hingga klien penting.

“Kami melihat potensi yang besar dalam membantu korporasi memperkuat hubungan internal dan eksternal mereka melalui pemberian hadiah yang bermakna. Dengan fokus pada korporasi, kami dapat menyediakan solusi yang tidak hanya meningkatkan kepuasan karyawan dan mitra bisnis tetapi juga memperkuat citra perusahaan sebagai entitas yang peduli dan berorientasi pada hubungan personal,” ujar Kai.

Mengatasi masalah pemberian hadiah di sektor korporasi yang kompleks, Untukmu.AI menyediakan layanan untuk memberikan hadiah dengan branding korporasi yang bisa membantu peningkatan kesadaran merek hingga 35%. Selain itu, korporasi juga bisa memberikan hadiah yang dipesan khusus untuk klien dan mitra sehingga berpotensi meningkatkan kepuasan mereka lebih dari 25%.

Di hari-hari istimewa seperti hari raya idul fitri dan natal, Untukmu.AI bisa membantu korporasi untuk menyediakan hadiah musiman yang dapat meningkatkan kepuasan dan loyalitas klien serta menumbuhkan semangat karyawan.

Dari aspek teknis, Untukmu.AI memberikan kemudahan kepada korporasi dalam bentuk integrasi HRIS yang sederhana tetapi bisa memberikan dampak signifikan. Korporasi juga bisa menggunakan analitika hadiah yang disediakan Untukmu.AI untuk memastikan hadiah tersebut memiliki rasio nilai kepuasan yang tinggi.

Selain itu, aplikasi ini juga mendukung korporasi dalam mengelola anggaran pemberian hadiah dengan lebih efektif, mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk proses pemilihan hadiah, dan menyediakan akses langsung ke berbagai pedagang hadiah yang telah terverifikasi, memastikan kualitas produk. 

Aplikasi Untukmu.AI juga dilengkapi dengan fitur bernama Dewi.AI yang merupakan personal AI gift advisor. Fitur ini membantu pengguna dalam menyederhanakan pencarian hadiah yang unik dan dipersonalisasi sesuai dengan preferensi, minat, kepribadian, gender, hingga usia penerima hadiah.

Fitur lainnya adalah kalender yang membantu mengingatkan perusahaan tentang hari-hari penting, dan terhubung dengan Dewi.AI untuk memberikan rekomendasi hadiah yang sesuai untuk momen tersebut, mulai dari opsi umum hingga hadiah yang dipersonalisasi sesuai dengan selera dan kebutuhan penerima hadiah.

Saat ini, aplikasi Untukmu.AI telah digunakan oleh lebih dari 10.000 pengguna dan puluhan merchant penyedia produk hadiah sudah tergabung ke dalam platform. Aplikasi Untukmu.AI sudah tersedia di aplikasi App Store dan Play Store. 

“Dengan komitmen yang kuat terhadap inovasi dan kepuasan pelanggan, Untukmu.AI terus mengembangkan fitur-fitur baru dan meningkatkan kualitas layanannya. Kami tidak hanya menyediakan platform, tetapi juga berupaya untuk menjadi bagian dari perjalanan korporasi dalam membangun hubungan yang lebih bermakna,” kata Kai. 

 

sumber : Tech in Asia
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement