Senin 04 Mar 2024 14:33 WIB

Lima Perangkat Berbasis AI yang Diluncurkan Setelah OpenAI Rilis ChatGPT

Popularitas ChatGPT mendorong perusahaan teknologi membuat gadget berbasis AI.

Samsung Galaxy S24. Galaxy S24 merupakan salah satu perangkat yang telah dilengkapi AI.
Foto: AP Photo/Lee Jin-man
Samsung Galaxy S24. Galaxy S24 merupakan salah satu perangkat yang telah dilengkapi AI.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kehadiran ChatGPT pada November 2022 mampu meningkatkan minat banyak orang di berbagai belahan dunia terhadap AI generatif. Popularitas yang diperoleh ChatGPT ini tampaknya ikut memanaskan persaingan di antara perusahaan-perusahaan teknologi dalam menghasilkan produk berbasis AI.

Perusahaan teknologi raksasa seperti Meta dan Google misalnya, telah mengembangkan model bahasa besar atau large language model (LLM) mereka sendiri. Di sisi lain, beragam startup AI juga mengantongi ratusan juta dolar AS untuk mengembangkan perangkat yang bisa meningkatkan produktivitas dan menghemat waktu. Tak hanya itu, sejumlah perusahaan juga melakukan upaya yang lebih besar dalam menghadirkan produk berbasis AI.

Baca Juga

Analis teknologi, Jony Ives, menilai fenomena ini sebagai era "the golden goose" untuk para pemimpin teknologi dalam 10 tahun ke depan. Artinya, pelaku industri teknologi bisa menuai banyak keuntungan bila mengambil langkah yang tepat di momen ini.

Setelah perilisan ChatGPT, setidaknya ada lima perangkat berbasis AI yang telah dirilis oleh beberapa perusahaan teknologi. Berikut ini adalah kelima perangkat tersebut, seperti dilansir Business Insider pada Senin (4/3/2024).

1. R1 dari Rabbit

Perangkat AI seukuran kantong baju ini dapat mempermudah pengguna dalam mengerjakan tugas yang umumnya hanya bisa dilakukan dengan aplikasi di ponsel pintar atau komputer. Untuk menggunakan R1 dari Rabbit, pengguna cukup menekan tombol pada perangkat dan berikan perintah melalui suara seperti sedang berbicara melalui walkie-talkie.

Beberapa contoh perintah yang bisa diberikan adalah mengatur transportasi, memesan penerbangan, atau membuat reservasi melalui aplikasi seperti Uber. Pengguna juga bisa melatih R1 untuk mengerjakan perintah yang spesifik. Perangkat ini telah tersedia secara preorder dengan harga mulai dari 199 dolar AS atau sekitar Rp 3,1 juta dan akan mulai dirilis paling cepat pada Maret.

2. Kacamata pintar Ray-Ban dari Meta

Produk terbaru dari Meta, kacamata pintar Ray-Ban, dirancang untuk membantu orang-orang untuk melakukan pekerjaan dengan lebih seamless. Kacamata yang diluncurkan pada September lalu ini hadir dengan asisten pintar pada bagian lensa yang bisa diaktifkan dengan mengatakan "Hey Meta".

Asisten pintar ini bisa menjawab....

 

sumber : Adysha Citra Ramadani
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement