Kamis 29 Feb 2024 13:49 WIB

Aplikasi Ruang Ngaji Bantu Khatam Alquran dan Fasih Berbahasa Arab

Ruang Ngaji kembali menambahkan fitur terbaru seperti Khatam Qur’an dan Fasih Arab.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Friska Yolandha
Peluncuran fitur baru aplikasi Ruang Ngaji yang diinisiasi J99 Corp di Aljazeera Kebun Sirih, Jakarta, Rabu (28/2/2024).
Foto: Republika/Rahma Sulistya
Peluncuran fitur baru aplikasi Ruang Ngaji yang diinisiasi J99 Corp di Aljazeera Kebun Sirih, Jakarta, Rabu (28/2/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- J99 Corp telah membangun aplikasi Ruang Ngaji sejak 2022, dan selalu memperbaharui fitur mereka. Menjelang Ramadhan 2024 ini, Ruang Ngaji kembali menambahkan fitur terbaru mereka yakni Khatam Qur’an, Fasih Arab, dan Live Ceramah.

Founder Ruang Ngaji, Shandy Purnamasari mengatakan, fitur yang paling membekas bagi dia adalah Fasih Arab. Ide ini didapatkan kala dirinya sedang umroh di 2023, lalu bertemu dengan seseorang di Mekkah yang mengajaknya berbicara dengan bahasa Arab.

Baca Juga

“Dia ngomong bahasa Arab, saya bilang saya nggak bisa, dan dia nggak bisa bahasa Inggris. Terus dia tanya, ‘Gimana kamu tahu artinya kalau nggak tahu bahasa Arab’. Dari situ, saya pikir, penting buat kita untuk tahu bahasa Arab,” ujar Shandy dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu (28/2/2024).

Bagi dia, membaca Alquran ataupun membaca bacaan salat dan memahami arti dari bacaan tersebut, akan lebih terasa masuk sampai ke hati terdalam. “Saya pikir, saya belajar Mandarin, belajar bahasa Inggris, kenapa bahasa Arab nggak?” ujar dia.

Untuk bisa ikut kelas bahasa Arab, nantinya ada pilihan level mulai dari basic, advance, dan pro. Setelah download aplikasi Ruang Ngaji, langsung pilih fitur Fasih Arab, nanti bisa langsung klik ‘Lihat Jadwal’ untuk memilih tanggal dan jamnya.

Setiap hari, akan ada lima sesi yang dimulai sejak pukul 13.00 WIB sampai pukul 17.00 WIB, dengan didampingi ustadz atau ustadzah yang juga bisa dipilih di dalam fitur itu. Untuk referensi pembelajaran, tidak perlu khawatir, karena akan ada interaksi serta ustadz dan ustadzah yang mengajar sudah kredibel di bidangnya.

Fitur Khatam Qur’an, Ruang Ngaji akan memberikan dua paket umroh bagi peserta yang rutin mengikuti seluruh kelas. Karena nantinya akan ada ustadz atau ustadzah yang juga stand by untuk membantu membaca Alquran dengan benar sampai khatam.

“Bukan sekedar menyajikan beragam menu untuk belajar agama, selama ini Ruang Ngaji juga sarat dengan kegiatan interaktif yang membuat aplikasi ini makin istimewa. Kami memiliki puluhan guru ngaji, sehingga setiap pengguna aktif Ruang Ngaji bisa langsung belajar layaknya santri,” ucap Shandy yang juga CEO J99 Corp.

Penanggung jawab aplikasi Ruang Ngaji, Ustadz Alfan Salim memaparkan, seluruh kegiatan yang melibatkan Khatam Qur’an, Fasih Arab, dan Live Ceramah, dapat diikuti oleh seluruh masyarakat muslim Indonesia di mana pun berada dan gratis. 

“Tak hanya itu, Ruang Ngaji juga akan menggelar Reels dan TikTok Competition. Masyarakat umum dapat ikut serta mengirimkan video kreasi mereka seputar pengalaman menggunakan aplikasi Ruang Ngaji,” papar Ustadz Alfan.

Allah SWT mengistimewakan bulan Ramadhan di antara 12 bulan di dalam satu tahun. Sehingga siapa pun di antara hamba-hambaNya yang mendapat keistimewaan untuk bisa bertemu dengan bulan suci Ramadhan, mengisi bulan tersebut dengan ibadah-ibadah yang istimewa, maka kedudukan hamba itu juga akan istimewa di hadapan Allah SWT.

“Disunahkan bagi seluruh umat muslim untuk mengkhatamkan Alquran selama bulan Ramadhan, mendengarkan kajian keagamaan untuk memperdalam ilmu pengetahuan tentang iman dan Islam, dan berbagai ibadah sunah lainnya yang mampu menambah amalan kita sembari menjalankan ibadah puasa,” ucap Ustadz Hanan Attaki memberi kajian dalam peluncuran fitur baru Ruang Ngaji tersebut.

Ia berharap Ruang Ngaji bisa menjadi madrasah, wadah belajar dan menimba ilmu yang akan terpakai sepanjang masa dan menjadi amal jariyah bagi pendiri dan pengembangnya.

Saat ini, sudah ada lebih dari 25 ribu pengguna Ruang Ngaji yang lebih dari 11 ribu di antaranya merupakan peserta Ngaji Online, salah satu fitur favorit dari Ruang Ngaji. Aplikasi Ruang Ngaji tidak hanya mengajarkan teknologi saja tetapi juga ada sentuhan humanis langsung, misalnya dalam fitur Ngaji Online yang juga menghadirkan para guru ngaji.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement