Rabu 28 Feb 2024 18:46 WIB

Mengapa Harus Pakai Topi Terbalik Cegah Serangan Harimau Seperti di Lampung?

Harimau hanya menyerang dari belakang sehingga trik ini berhasil untuk sementara.

Rep: Santi Sopia/ Red: Friska Yolandha
Seekor Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae) mengamuk saat masuk perangkap di Nagari Binjai, Kecamatan Tigo Nagari, Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, Ahad (4/2/2024). Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Barat mengevakuasi seekor Harimau Sumatera berjenis kelamin betina, setelah masuk ke kandang jebak yang dipasang karena sebulan terakhir mendapatkan laporan hewan dilindungi itu memakan ternak warga.
Foto:

Tetapi meskipun memakai topeng bukanlah strategi yang ampuh untuk menangkal serangan, ini adalah salah satu strategi guna mengelabui harimau.

Dengan mengenakan masker yang menghadap ke belakang, ini akan menipu harimau, yang lebih suka menyelinap ke mangsanya. Dengan mengelabui harimau dan berpikir bahwa manusia mempunyai mata di belakang kepala, kemungkinan ini akan mencegah orang menjadi santapan harimau.

Meskipun harimau terlihat mengintai manusia, mereka tidak menyerang orang yang memakai topeng bermuka dua. Beberapa upaya lain untuk mencegah diri dari serangan harimau, seperti ikuti pemandu perjalanan, mencoba tetap tenang ketika melihat harimau, jangan buang air di wilayah kekuasaan harimau.

Apabila melihat harimau, bisa mencoba untuk sembunyi. Atau tetap tenang dan segera pergi sebelum harimau melihat Anda.

 

Jika menghadapi potensi serangan, cobalah berjalan mundur perlahan sampai harimau hilang dari pandangam lalu balik arah untuk kabur. Hindari membuat harimau marah, namun jika dalam kondisi terancam, bisa membunyikan apa saja di sekitar untuk menciptakan kebisingan. Sebaiknya hindari mendekati harimau terlepas, harimau tua yang sedang sakit dan juga anak harimau. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement