Senin 19 Feb 2024 19:42 WIB

Misi Pengembalian Sampel Bulan Pertama China Ditargetkan Meluncur pada Mei 2024

Chang’e-6 diperkirakan akan menjalankan misi selama 53 hari.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Friska Yolandha
Para insinyur yang bekerja pada misi Chang’e-6 China telah melewatkan reuni keluarga selama Tahun Baru Imlek untuk membantu menyiapkan pesawat luar angkasa untuk diluncurkan.
Foto:

Chang’e-6 diperkirakan akan menjalankan misi selama 53 hari. Pendarat misi tersebut akan berusaha mendarat di cekungan Apollo di sisi jauh bulan dan mengumpulkan hingga dua kilogram material bulan menggunakan sekop dan bor. 

Laporan singkat CCTV juga mengungkapkan logo misi tersebut. Gambar tersebut berisi bulan, tumpukan empat pesawat ruang angkasa yang terdiri dari Chang’e-6, yaitu modul layanan, pendarat, kendaraan pendakian, dan kapsul reentry, dan representasi nyata dari dewi bulan China Chang’e, yang menjadi tujuan program eksplorasi bulan Cina dan misi-misi diberi nama. 

Ditampilkan juga satelit relay Queqiao-2 yang akan diluncurkan pada bulan Februari atau Maret untuk mendukung misi tersebut. Satelit tersebut diperlukan untuk menyampaikan komunikasi antara stasiun-stasiun bumi dan pesawat ruang angkasa Chang’e-6 karena sisi jauh bulan tidak pernah terlihat dari Bumi. 

Sesampainya di bulan, pendarat misi akan memuat sampel-sampel bulan ke dalam kendaraan pendakian yang siap untuk diluncurkan ke orbit bulan. Di sana, kendaraan pendakian akan bertemu dan berlabuh dengan modul layanan menunggu, yang akan menerima kargo berharga. 

Modul layanan kemudian akan kembali ke Bumi, melepaskan kapsul reentry sebelum tiba. Tugas kapsul ini adalah melindungi sampel-sampel saat api masuk kembali ke atmosfer bumi dan terjun beserta parasut dengan aman ke permukaan. 

Analisis sampel-sampel dari sisi jauh bulan dapat memberikan wawasan-wawasan baru tentang mengapa sisi-sisi dekat dan jauh bulan sangat berbeda, serta petunjuk-petunjuk  tentang sejarah bulan dan perkembangan tata surya. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement