Kamis 15 Feb 2024 12:45 WIB

Amerika Serikat Ucapkan Selamat atas Kesuksesan Pemilu 2024

Amerika Serikat mengapresiasi Pemilu 2024.

Rep: Lintar Satria Zulfikar/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi Pemilu 2024.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Ilustrasi Pemilu 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Juru Bicara Departemen Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Matthew Miller menyampaikan selamat atas penyelenggaraan pemilu 2024. Miller mengatakan AS berharap dua negara dapat melanjutkan kerja sama dalam mengatasi berbagai isu seperti perubahan iklim, keamanan di kawasan dan stabilitas internasional.

"Kami mengucapkan selamat kepada rakyat Indonesia atas partisipasi yang tinggi dalam pemilu kemarin," kata Miller dalam pernyataan Departemen Luar Negeri AS, Kamis (15/2/2024).

Baca Juga

Miller mengatakan pemilihan umum ini merupakan bukti ketangguhan dan kekuatan komitmen masyarakat Indonesia terhadap proses demokrasi serta lembaga-lembaga pemilihan umum. "Kami menantikan pengumuman Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengenai hasil resmi pemilu," tambahnya.

Ia mencatat tahun ini, menandai 75 tahun hubungan diplomatik AS-Indonesia. Ia mengatakan AS berharap dapat bekerja sama dengan Presiden terpilih dan pemerintah Indonesia berikutnya, serta lembaga-lembaga legislatif, untuk mewujudkan prioritas bersama yang bermanfaat bagi rakyat kedua negara.

Termasuk mengatasi perubahan iklim, memastikan kawasan Indo-Pasifik yang makmur dan aman, dan menjaga stabilitas internasional," kata Miller.

Miller menambahkan Amerika Serikat dan Indonesia merupakan mitra dekat, yang dipandu oleh prinsip-prinsip yang ditetapkan dalam Kemitraan Strategis Komprehensif.  

"Bersama dengan pemerintahan baru Indonesia, kita akan bekerja untuk mewujudkan masa depan yang lebih baik bagi warga negara kita dan mengatasi tantangan paling mendesak di abad ke-21," katanya.

Tahun ini AS juga akan menggelar pemilihan umum di mana Presiden Joe Biden dari Partai Demokrat diperkirakan akan menghadapi mantan Presiden Donald Trump dari Partai Republik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement