Rabu 14 Feb 2024 14:27 WIB

ChatGPT akan Dilengkapi Memori Digital untuk Menyimpan Riwayat Percakapan

Fitur memori memungkinkan pengguna untuk menyimpan percakapan dengan ChatGPT.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Friska Yolandha
ChatGPT (ilustrasi). Fitur memori memungkinkan pengguna untuk menyimpan percakapan dengan ChatGPT.
Foto:

Sebagai tambahan, kemampuan penyimpanan informasi ini dapat menghadirkan CustomGPT dengan memori yang unik dan berbeda antara satu sama lain. CustomGPT merupakan produk dari OpenAI yang mampu mengolah data dan informasi berskala besar dan biasanya digunakan untuk konten bisnis.

Fitur memori ini juga bisa dimanfaatkan untuk produk OpenAI lain seperti Books GPT. Dengan fitur memori, Books GPT bisa mengingat semua buku yang telah dibaca oleh pengguna dan genre buku yang disukai oleh pengguna.

Sebenarnya, pemanfaatan memori untuk menyimpan informasi ini bukan hal yang baru. Beragam aplikasi, situs, hingga media sosial juga bekerja dengan memanfaatkan informasi personal pengguna yang tersimpan di memori mereka. Dari informasi-informasi inilah, beragam aplikasi, situs, hingga media sosial bisa menghadirkan algoritma yang lebih personal untuk masing-masing pengguna.

Namun di sisi lain, hal seperti ini juga dapat memunculkan masalah terkait kerahasiaan atau privasi data pengguna. Berkaitan dengan potensi masalah privasi data pengguna, OpenAI mengungkapkan bahwa memori ChatGPT telah dilatih untuk tidak menyimpan topik-topik sensitif tertentu secara otomatis, seperti informasi terkait riwayat kesehatan pengguna.

Selain itu, OpenAI juga memberikan kemudahan bagi pengguna untuk menghapus data atau informasi dari ChatGPT bila mereka tidak menginginkan data atau informasi tersebut disimpan. Pengguna bisa melakukan penyesuaian terkait hal ini melalui tab Manage Memory yang telah disediakan. Selain itu, pengguna juga memiliki kewenangan sepenuhnya untuk tidak mengaktifkan fitur memori bila tidak menginginkannya.

 

Untuk saat ini, fitur memori pada ChatGPT masih bersifat sebagai layanan beta. Artinya, fitur ini baru disediakan dengan jangkauan yang lebih kecil untuk pengguna ChatGPT gratis dan ChatGPT Plus pada pekan ini. OpenAI akan merilis fitur memori ini secara lebih luas di masa mendatang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement