Selasa 13 Feb 2024 08:40 WIB

Fakta-Fakta Seputar Petir dan Cara Berlindung Agar tak Tersambar

Masuk ke dalam ruangan begitu mendengar gemuruh.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Friska Yolandha
Hujan petir (ilustrasi). Berikut fakta seputar petir dan antisipasinya.
Foto:

4. Kondisi untuk petir

Ketika uap air mengembun dan membentuk awan, ini menciptakan kondisi yang ideal untuk terjadinya petir. Pergeseran muatan listrik di dalam awan menyebabkan pemisahan muatan positif dan negatif, yang menciptakan medan listrik yang kuat di awan.

5. Pemisahan muatan

Muatan listrik yang terpisah menciptakan medan listrik yang kuat di antara awan dan permukaan bumi. Ketika medan listrik mencapai ambang batas tertentu, itu menyebabkan pemutusan udara dan pelepasan energi yang besar, yang dikenal sebagai petir.

Badai petir adalah hasil dari interaksi kompleks antara kondisi atmosfer yang tidak stabil dan pergeseran muatan listrik di dalam awan. Dilansir Weather, badai petir biasanya terjadi pada bulan-bulan hangat di musim semi, musim panas, dan musim gugur, tetapi tidak menutup kemungkinan terjadinya kapan saja sepanjang tahun di sebagian besar wilayah Amerika Serikat.

Di musim dingin, badai petir terutama terjadi di wilayah selatan yang memiliki kelembapan yang cukup. Namun, angin selatan yang membawa kelembapan dapat membawa potensi badai petir ke utara, bahkan di tengah musim dingin.

Seiring dengan musim hujan dan badai yang semakin intens, penting untuk memahami mitos dan fakta seputar petir agar bisa melindungi diri dengan tepat.

  • Berjongkok tidak membuat Anda lebih aman dari petir di luar ruangan. Sebaliknya, lari ke gedung besar atau kendaraan beratap keras merupakan langkah yang lebih aman. Jika Anda terlalu jauh dari tempat perlindungan, tidak ada alternatif yang baik selain mencari tempat yang aman.
  • Petir sering menyambar tempat yang sama berulang kali, terutama jika benda tersebut tinggi, runcing, dan terisolasi.
  • Petir sering menyambar lebih dari tiga mil dari pusat badai petir, jauh di luar awan hujan atau badai petir.
  • Tubuh manusia tidak menyimpan listrik. Sangat aman untuk menyentuh korban sambaran petir untuk memberikan pertolongan pertama.

Berada di bawah....

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement