Senin 12 Feb 2024 10:50 WIB

Instagram dan Threads tidak Lagi Rekomendasikan Konten Politik 

Tujuannya untuk menjaga kemampuan masyarakat memilih berinteraksi dengan politik.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Friska Yolandha
Meta tidak lagi merekomendasikan konten kepada para pengguna di Instagram atau Threads.
Foto: AP Photo/Thibault Camus
Meta tidak lagi merekomendasikan konten kepada para pengguna di Instagram atau Threads.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Meta tidak lagi merekomendasikan konten kepada para pengguna di Instagram atau Threads. Ini berdasarkan bos Instagram, Adam Mosseri. 

Dia mengatakan bahwa para pengguna masih akan melihat konten politik dari akun-akun yang mereka ikuti, namun aplikasi tersebut tidak lagi “secara proaktif memperkuat” postingan-postingan tersebut. 

Baca Juga

Dilansir Engadget, Senin (12/2/2024), perubahan tersebut, yang akan diluncurkan “dalam beberapa pekan ke depan,” akan berlaku untuk akun-akun publik di tempat-tempat di mana algoritma-algoritma rekomendasi Meta menyarankan konten atau postingan-postingan, seperti Reels dan Explore Instagram, dan menyarankan pengguna di Threads. 

Mosseri tidak merinci bagaimana Meta akan menentukan apa yang dianggap “politis,” namun juru bicara Meta mengatakan hal itu akan mencakup topik-topik terkait pemilu dan masalah-masalah sosial. 

Juru bicara tersebut mengatakan definisi Meta mengenai konten politik adalah konten yang kemungkinan besar berisi topik-topik terkait pemerintahan atau pemilu-pemilu; misalnya postingan tentang undang-undang, pemilu-pemilu, atau topik-topik sosial. 

“Permasalahan-permasalah global ini bersifat kompleks dan dinamis, yang berarti definisi ini akan terus berkembang seiring dengan upaya kami untuk terus berinteraksi dengan masyarakat dan komunitas-komunitas yang menggunakan platform kami dan pakar eksternal untuk menyempurnakan pendekatan kami,” ujar juru bicara itu. 

Meskipun Meta akan membatasi saran-saran terkait topik ini secara default, mereka yang ingin melihat konten tersebut dapat ikut serta melalui pengaturan-pengaturan Instagram dan Threads. Perusahaan mengatakan pembaruan tersebut tidak akan memengaruhi cara orang melihat postingan dari akun yang mereka pilih untuk diikuti. 

“Tujuan kami adalah untuk menjaga kemampuan masyarakat untuk memilih berinteraksi dengan konten politik, sambil menghormati selera setiap orang terhadap konten tersebut,” kata Mosseri. 

Perubahan ini merupakan cara terbaru Meta untuk pencegah pengguna Threads mendiskusikan topik yang dianggap berpotensi menimbulkan masalah. Perusahaan memblokir topik yang “berpotensi sensitif”, termasuk vaksin dan istilah terkait Covid, dari hasil pencarian di Threads. Mosseri juga mengatakan bahwa Meta tidak ingin “mendorong” pengguna untuk memposting tentang “politik-politik dan berita buruk” di aplikasi. 

Namun perubahan tersebut juga dapat menimbulkan reaksi baru di kalangan para pengguna dan para pembuat konten, beberapa di antaranya percaya bahwa Meta secara tidak adil menekan jenis konten tertentu. Meta mengatakan bahwa orang-orang dengan akun “profesional” di Instagram dapat menggunakan fitur “status akun” untuk memeriksa apakah postingan-postingan mereka saat ini dianggap memenuhi syarat untuk rekomendasi-rekomendasi. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement