Jumat 09 Feb 2024 13:58 WIB

Nissan Kembangkan Robot untuk Tenangkan Bayi Saat Berkendara

Iruyo dilengkapi dengan serangkaian sensor untuk mudahkan ibu memantau bayi.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Friska Yolandha
Iruyo: The Intelligent Puppet, boneka untuk mengawasi anak selama berkendara.
Foto: Akachan Honpo
Iruyo: The Intelligent Puppet, boneka untuk mengawasi anak selama berkendara.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Berkendara bisa menjadi pengalaman yang mengerikan bagi para bayi. Karena jok mobil (carseat) mereka seharusnya berada di kursi belakang dan menghadap ke belakang, anak menjadi stres karena kehilangan kontak visual dengan orang tuanya. 

Hal ini mengakibatkan tangisan yang tidak dapat diatasi oleh orang tua yang mengemudi tanpa mengalihkan pandangan dari jalan. Yang lebih buruk lagi adalah perasaan meresahkan yang dirasakan orang tua ketika anak mereka terlalu pendiam dan tidak dapat melihat apa yang sedang terjadi. 

Baca Juga

Dilansir Japan Today, Jumat (9/2/2024), ini adalah masalah yang ingin diatasi bersama oleh produsen mobil Nissan dan pengecer perlengkapan bayi Akachan Honpo. Menurut survei yang mereka lakukan, lebih dari 60 persen orang tua baru mengemudi sendirian bersama anak mereka dan lebih dari 80 persen mengeluh bahwa mereka tidak dapat menghibur anak mereka ketika menangis.

Selain itu, lebih dari 90 persen mengatakan mereka khawatir ketika tidak dapat melihat anak mereka saat duduk di kursi mobil. Itulah sebabnya kedua perusahaan bekerja sama untuk menciptakan Iruyo: The Intelligent Puppet. Iruyo dilengkapi dengan serangkaian sensor dan perangkat komunikasi serta daya tarik yang canggih. 

Banyak penelitian yang menyelidiki semua detail Iruyo. Warna merahnya dipilih karena dianggap paling baik dalam menarik perhatian bayi, namun dibuat juga warna merah muda dan putih yang lebih lembut. Tampilannya juga sederhana dengan kontras yang kuat dan gerakan yang mudah diikuti agar bayi tetap terhibur. Kustomisasi juga dimungkinkan, seperti topi atau kacamata yang menawan. 

Iruyo sebenarnya adalah bagian dari dua set robot, dipasangkan dengan robot lain yang disebut Baby Iruyo. Iruyo duduk di kursi belakang menghadap anak itu sementara Baby Iruyo duduk di dekat pengemudi dengan gagang cangkir. 

Baby Iruyo dapat menerima perintah....

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement