Senin 29 Jan 2024 18:09 WIB

Gelar Pelatihan Coding, Optima Tech Academy Pecahkan Rekor Muri 

Pelatihan diikuti peserta sebanyak 2,742 pelajar

Optima Tech menggelar house of code yang menarih rekor muri
Foto: istimewa
Optima Tech menggelar house of code yang menarih rekor muri

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Krmajuan teknologi ilmu komputer (Computer Science) hadirkan dampak positif dan peluang besar bagi upaya berbagai pihak akademisi dalam meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. Salah satunya melalui pengenalan dan pengajaran coding pada anak-anak dan remaja.

Pemerintah melalui Kemdikbud juga telah mewajibkan mata pelajaran informatika di sekolah agar pelajar Indonesia mampu bersaing secara global, dengan kemampuan berpikir komputasional melalui pengasahan kompetensi problem-solving mereka melalui cara berpikir terstruktur dan logis melalui konsep algoritma sederhana.

Baca Juga

Untuk itu, Optima Tech Academy, institusi pendidikan teknologi informatika dengan 24 tahun pengalaman di Indonesia sejak 1990, mengadakan workshop “Hour of Code” pada tanggal 4-15 Desember 2023 lalu di berbagai sekolah ternama seperti SD Tarakanita 4, SD Global Islamic School Depok, SMA Tarakanita Citra Raya, SMA Tarakanita 2 dan 5 Jakarta, serta SMA Abdi Siswa Bintaro, dengan jumlah peserta sebanyak 2,742 pelajar hingga memecahkan rekor MURI “Pelatihan Coding kepada Pelajar Terbanyak.” 

Hour of Code adalah kegiatan global pengenalan ilmu komputer selama satu jam yang dirancang untuk melatih ilmu coding sekaligus mengenalkan secara lebih dekat dasar-dasarnya pada anak-anak dan remaja melalui perangkat komputer serta gawai seperti tablet dan smartphone. Kampanye workshop Hour of Code sendiri dilaksanakan di lebih dari 180 negara, didukung oleh lebih dari 400 mitra pelaksana resmi di seluruh dunia, termasuk Optima Tech Academy. Dalam workshop ini, para peserta didik mendapatkan pengetahuan dan pembelajaran pembuatan animasi, game, proyek AI, dan aplikasi di smartphone.

Workshop ini pun merupakan bagian dari rangkaian acara yang ditutup dengan Optima Coding Competition yang diselenggarakan pada tanggal 27-28 Januari di Hotel Shangrila dan Pullman Central Park, bersamaan dengan Pameran Pendidikan Luar Negeri yang bekerja sama dengan Optima Education. 

Melalui berbagai program intrakurikuler informatika dan ekstrakurikuler di bidang Coding, Robotic, Digital Arts, Content Creation, serta Digital Marketing yang ada di Optima Tech Academy, setiap proses belajar mengajar dirancang sedemikian rupa untuk menjawab kebutuhan pengetahuan mereka yang dikemas secara menarik. Para peserta didik pun bisa menikmati proses pembelajaran ilmu komputer dengan kurikulum dan materi yang terus diperbarui sambil terus mengembangkan kompetensi mereka, baik dalam kemampuan teknikal, kompetensi komunikasi, kemampuan problem-solving, daya berpikir kritis, kreatif, hingga berinovasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement