Sabtu 20 Jan 2024 12:18 WIB

Puluhan Advokat di Kalbar Deklarasi Dukung Ganjar-Mahfud

Bahu Gama yang terdiri puluhan advokat hingga praktisi hukum dipimpin Glorio Sanen.

Pasangan capres dan cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Pasangan capres dan cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Puluhan advokat profesional se-Kalimantan Barat (Kalbar) mendeklarasikan dukungan kepada pasangan Ganjar Mahfud di Pilpres 2024. Advokat pendukung paslon nomor urut tiga tersebut sepakat membentuk badan hukum bernama Badan Bantuan Hukum Ganjar-Mahfud (Bahu Gama).

Bahu Gama yang dipimpin Glorio Sanen, akan didampingi oleh puluhan advokat, purnawirawan Polri, praktisi hukum, dan para pemerhati keadilan. Advokat senior Kalbar Daniel Edward Tangkau juga turut bergabung ke Bahu Gama dan ditunjuk sebagai dewan penasihat.

Glorio Sanen menjelaskan, Bahu Gama akan bekerja secara profesional untuk mengawal kepentingan hukum pasangan Ganjar-Mahfud, utamanya dalam menghadapi segala bentuk kecurangan dan pelanggaran di Pemilu 2024. Dia menginginkan agar pesta demokrasi lima tahunan ini betul-betul berlangsung dengan jujur, adil, dan sesuai dengan landasan Pemilu 2024.

"Bahu Gama dibentuk dalam rangka menjadi support system TPD Kalbar guna memastikan proses Pemilu berjalan sesuai dengan regulasi yang diatur pasal 22 E UUD 1945. Bahu Gama dalam pemenangan posisinya sebagai sistem advokasi terintegrasi dengan tim hukum TPN," ucapnya dalam siaran pers di Jakarta, Sabtu (20/1/2024).

Setelah resmi terbentuk, lanjut Sanen, Bahu Gama akan langsung memulai kerja-kerja advokasi dengan memetakan praktik kecurangan yang terindikasi merugikan paslon 03 selama tahapan Pemilu. Dalam melakukan kerja tersebut, pihaknya akan menjalin sinergi dengan parpol koalisi, organ relawan, serta melibatkan partisipasi aktif dari masyarakat.

"Kita masih terus membuka ruang yang seluas-luasnya kepada advokat-advokat lain yang terpanggil hati nuraninya untuk bersama-sama memenangkan Ganjar Mahfud. Kami punya target setidak-tidaknya satu kecamatan ada satu advokat kami yang mengawal. Sehingga ketika ada kejanggalan, bisa sesegera mungkin kami tindaklanjuti," terang Sanen.

Ditemui di tempat yang sama, advokat kondang Kalbar Daniel Edward Tangkau menyatakan kesiapannya untuk membela pasangan Ganjar-Mahfud dari sisi hukum. Daniel yang bergabung ke Bahu Gama atas inisiatif pribadi mengaku, siap untuk totalitas dalam melawan perilaku curang yang dilakukan pihak mana pun pada Pemilu 2024.

"Kami melihat ada permainan politik kotor dalam rangka mencapai suatu tujuan. Manakala tujuan diambil dengan cara tak baik, maka kami akan tampil ke depan. Mereka bermain terus, tapi kita tentu juga akan terus pantau. Apabila terbukti, laporkan. Ada Bawaslu, panwascam, sampai panwas, dan ada penegak hukum lain," tuturnya.

Tim Pemenangan Daerah (TPD) Ganjar-Mahfud Kalbar mengapresiasi deklarasi dukungan dari puluhan advokat yang tergabung ke Bahu Gama. Wakil Bendahara TPD Sujiwo yang turut hadir saat deklarasi menyatakan dukungan dari para advokat kian mempertebal optimismenya dalam memenangkan Ganjar Mahfud di Provinsi Kalbar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement