Jumat 19 Jan 2024 16:43 WIB

Israel Sebut Normalisasi Hubungan Arab Saudi Kunci Akhiri Perang di Gaza

Arab Saudi masih tangguhkan rencana Normalisasi Hubungan dengan Israel

Rep: Mabruroh / Red: Nashih Nashrullah
Hubungan Israel-Arab Saudi. Arab Saudi masih tangguhkan rencana Normalisasi Hubungan dengan Israel
Foto: republika
Hubungan Israel-Arab Saudi. Arab Saudi masih tangguhkan rencana Normalisasi Hubungan dengan Israel

REPUBLIKA.CO.ID, AVOS — Presiden Israel, Isaac Herzog mengatakan pada hari Kamis (18/1/2024) pada pertemuan tahunan Forum Ekonomi Dunia di kota Davos di Swiss, bahwa menormalkan hubungan antara Israel dan Arab Saudi adalah elemen kunci untuk mengakhiri serangan-serangan Israel di Gaza, termasuk mengubah permainan untuk seluruh Timur Tengah.

"Ini masih rapuh, rapuh, dan itu akan memakan waktu lama, tetapi saya pikir itu sebenarnya adalah kesempatan untuk bergerak maju di dunia dan wilayah menuju masa depan yang lebih baik," kata Herzog, dilansir dari Arab News, Jumat (19/1/2024).

Baca Juga

Itu terjadi beberapa hari setelah Menteri Luar Negeri Arab Saudi, Pangeran Faisal bin Farhan, mengatakan di panel Davos bahwa kerajaan menyetujui perdamaian regional termasuk perdamaian untuk Israel. 

Dia mengatakan Arab Saudi "pasti" akan mengakui Israel sebagai bagian dari perjanjian politik yang lebih besar.  “Tapi itu hanya bisa terjadi melalui perdamaian untuk Palestina, melalui negara Palestina," katanya.

Menteri Amerika Serikat Antony Blinken juga menegaskan kembali dalam sebuah pembicaraan di Davos, bahwa jalan menuju kenegaraan bagi warga Palestina dapat membantu meningkatkan keamanan Israel dan hubungannya dengan negara-negara lain di wilayah tersebut.

Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu dan pemerintah sayap kanannya, bagaimanapun, menentang konsep resolusi dua negara untuk konflik Israel-Palestina.

Herzog, yang peran seremonialnya dimaksudkan untuk melayani sebagai penyatuan nasional, mengatakan dukungan publik untuk itu rendah karena orang Israel yang trauma fokus pada keselamatan mereka sendiri setelah serangan Hamas pada 7 Oktober.

"Ketika negara-negara maju dan mengatakan 'solusi dua negara,' mereka harus terlebih dahulu menangani pertanyaan awal, yang merupakan pertanyaan inti bagi manusia: Apakah kita ditawari keamanan nyata?" Herzog berkata. "Israel kehilangan kepercayaan pada proses perdamaian karena mereka dapat melihat bahwa teror dimuliakan oleh tetangga kita."

Herzog juga menggunakan panggung dunia untuk menekankan implikasi global dari serangan Hamas terhadap Israel, yang katanya hanyalah salah satu proxy dari "kekaisaran kejahatan yang berasal dari Teheran."

Di tengah konflik di Gaza, Iran telah mengambil tindakan militer terhadap apa yang disebutnya operasi intelijen Israel di negara tetangga Irak.

Pemberontak yang didukung Iran di Yaman yang dikenal sebagai Houthi juga telah membalikkan pengiriman global dengan menyerang kapal di Laut Merah, memicu serangkaian serangan balasan dari Amerika Serikat dan Inggris.

"Masalah Houthi adalah prioritas nomor satu, karena itu meningkatkan biaya hidup untuk setiap keluarga di alam semesta, suku kecil yang terdiri dari 50 ribu orang, yang dikukui dengan senjata sebuah kerajaan," kata Herzog.

Pada Rabu, Menteri Luar Negeri Iran, Hossein Amirabdollahian bersikeras serangan Iran di Irak, serta terhadap dugaan pangkalan militan di Pakistan, sebagai bagian dari hak negaranya untuk membela diri dan menuduh Israel melakukan "genosida" dalam kampanyenya melawan Hamas, yang telah membunuh ribuan warga sipil Palestina. 

Baca juga: Golongan yang Gemar Membaca Alquran, Tetapi Justru tidak Mendapat Syafaatnya

Perdana Menteri Irak, Mohammed Shia Al-Sudani juga mengutuk perang di Gaza selama pembicaraan Davos pada hari Kamis, mengatakan "komunitas internasional telah gagal."

Pada saat yang sama, Sudani berusaha untuk menyeimbangkan posisi Irak antara Amerika Serikat dan Iran selama perang dan karena milisi yang didukung Iran di Irak telah meluncurkan serangan hampir setiap hari di pangkalan yang menampung pasukan Amerika Serikat di Irak dan Suriah, yang mereka katakan sebagai pembalasan atas dukungan Washington terhadap Israel.

Sudani mengatakan Irak memiliki "kepentingan" dan "kemitraan strategis" dengan Iran dan Amerika Serikat. Tetapi dia mengulangi seruan agar pasukan koalisi yang dipimpin Amerika Serikat menarik diri dari negaranya, mengatakan kehadiran mereka tidak lagi dibenarkan karena misi mereka adalah untuk melawan kelompok Daesh, yang tidak lagi menjadi ancaman bagi rakyat Irak.  

Sumber: arabnews

photo
BUKTI GENOSIDA ISRAEL - (Republika)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement