Rabu 17 Jan 2024 16:30 WIB

Tiga Template Google Sheets yang Bermanfaat untuk Bisnis Kecil Anda 

Ada berbagai aplikasi manajemen tugas yang tersedia tidak semuanya gratis.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Friska Yolandha
Google sheet.
Foto: Medium
Google sheet.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagai pemilik bisnis kecil, Anda mengerjakan banyak sekali tugas setiap hari, mulai dari rapat hingga penganggaran, dan segala sesuatu di antaranya. Hal ini tidak hanya melelahkan tetapi juga memakan waktu berharga Anda, yang pasti akan memengaruhi produktivitas Anda secara keseluruhan.

Meskipun ada berbagai aplikasi manajemen tugas yang tersedia, tidak semuanya gratis. Jika Anda belum siap mengalokasikan anggaran besar untuk alat-alat tersebut, ada alternatif yang hemat biaya, yaitu Google Sheets. 

Baca Juga

Ini memberikan akses ke berbagai template pra-desain yang khusus diperuntukkan bagi bisnis kecil. Berikut ini merupakan tiga template Google Sheets bermanfaat yang sempurna untuk bisnis-bisnis kecil. 

Perlu dicatat bahwa template yang akan kita jelajahi bersumber dari galeri template Google Sheets, yang dapat diakses oleh pengguna gratis dan berbayar. Namun, jika Anda tertarik untuk mengunggah template khusus di luar penawaran galeri, Anda memerlukan akses ke Google Workspace. 

1. Expense report

Dilansir Slashgear, Rabu (17/1/2024), template expense report ini memiliki antarmuka dasar dan lugas yang memungkinkan Anda memasukkan tanggal, deskripsi, kategori, dan jumlah setiap item pengeluaran, serta jumlah total uang muka atau penggantian yang diterima. Ini secara otomatis menghitung jumlah total pengeluaran dan saldo yang harus dibayar atau terutang untuk setiap kategori dan untuk keseluruhan laporan. Anda dapat menyesuaikannya sesuai kebutuhan spesifik Anda. 

Untuk menggunakan template, cari di bagian Work dari Google Sheet template gallery dan  klik di atasnya. 

2. Invoice

Template invoice gratis yang ditawarkan oleh Google Sheets berfungsi sama seperti alat penagihan profesional lainnya. Ini memungkinkan Anda memasukkan nama perusahaan, alamat, dan informasi kontak Anda, serta nama, proyek, dan alamat klien Anda. Anda dapat mencantumkan barang atau layanan yang Anda berikan, beserta kuantitas, harga satuan, dan jumlahnya. 

Invoice juga menghitung subtotal dan jumlah total untuk Anda, dengan penyesuaian apa pun yang ingin Anda lakukan.

Untuk menggunakan template invoice, buka bagian Work di galeri template dari Google Sheets dan klik template tersebut. Jika Anda juga mengerjakan proyek per jam, Anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakan template Time Sheet (juga tersedia di galeri template Sheets) dengan template invoice untuk kenyamanan. 

Web traffic dashboard....

 

 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement