Jumat 12 Jan 2024 13:59 WIB

Google dan Samsung Kerja Sama untuk Sederhanakan Sharing Android 

Nearby Share Android akan mengadopsi nama yang sama dengan protokol berbagi Samsung.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Friska Yolandha
Samsung Quick Share
Foto: Samsung User
Samsung Quick Share

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kehidupan digital modern hadir dengan banyaknya gadget, dan gadget tersebut sering kali tidak bisa untuk digunakan bersama-sama. Hal ini paling terlihat jelas saat OLED di Las Vegas Convention Center selama CES, di mana Google mengumumkan beberapa upaya kecil untuk membuat konstelasi gadget yang luas di ekosistemnya, yang dapat berkomunikasi satu sama lain dengan lebih mudah.

Ada juga fitur sharing seperti AirDrop di Android menggabungkan kekuatan dengan Samsung, TV pintar LG mendapatkan pembaruan rumah pintar, dan TikTok akan hadir di Chromecast. Akhir tahun lalu, fitur-fitur tersebut telah diberi tahu akan hadir, namun akhirnya kini sudah resmi.

Baca Juga

Nearby Share Android akan mengadopsi nama yang sama dengan protokol berbagi Samsung dan menjadi Quick Share. Ini merupakan kabar baik bagi pengguna ponsel Samsung, yang tidak lagi menghadapi pilihan membingungkan dari dua opsi berbagi yang sangat mirip, dan fungsi Quick Share akan tetap sama bagi pengguna.

Sedangkan untuk ponsel Android non-Samsung, Quick Share baru akan menambahkan dukungan untuk fitur-fitur yang sebelumnya hanya dimiliki Samsung seperti berbagi file dengan banyak kontak secara bersamaan untuk perangkat yang kompatibel.

Google bekerja sama dengan LG untuk mengintegrasikan Quick Share baru ke PC Windows masa depan, dan aplikasi Nearby Share sebelumnya akan terus tersedia untuk diunduh (sekarang sebagai Quick Share) untuk platform lain.

Dukungan Google untuk layar pintar telah berkurang dalam beberapa tahun terakhir, jadi pengumuman bahwa TV LG baru akan dapat berfungsi sebagai hub Google Home adalah hal yang disambut baik. Mereka akan mendukung Matter melalui Wi-Fi sehingga pengguna dapat menghubungkan perangkat pintarnya.

Melansir The Verge, Google menyebut bahwa TV lama akan mendapatkan pembaruan yang akan mengaktifkan fungsi ini juga, tetapi belum disebutkan spesifikasi modelnya seperti apa. Sementara itu, TV LG tahun 2024 akan dilengkapi dengan Chromecast.

Pembaruan lainnya akan hadir di Chromecast, yang akan segera dapat mentransmisikan konten dari aplikasi TikTok ke TV. Fast Pair akan mendukung pemasangan headphone ke TV dengan cepat melalui Chromecast dengan Google TV. Dan pemilik ponsel Pixel juga akan dapat memanfaatkan interaksi baru ala HomePod dengan Tablet Pixel.

Saat mendengarkan podcast atau musik di ponsel Pixel, pengguna dapat mentransfer pemutaran hanya dengan mengetukkan ponsel ke tablet yang terpasang ke dok. Ini akan berfungsi dengan Spotify dan YouTube Music saat diluncurkan, dan hanya dengan Pixel Tablet.

Namun VP of Engineering Google Erik Kay mengatakan, Google akan menghadirkan fitur ini ke lebih banyak perangkat seiring berjalannya waktu. Hal lain yang menurut Kay harus dilihat di masa depan adalah lebih banyak kolaborasi dengan Samsung (mitra dan pesaing) seperti gabungan Nearby Share dan Quick Share ini. 

Samsung memberi bocoran dalam Unpacked pekan depan dengan visual yang menyarankan integrasi dengan Google AI. Bisakah kedua perusahaan bekerja sama untuk melawan Apple? Kay tidak mengomentari hal ini secara spesifik, namun ia mengakui bahwa kedua perusahaan telah bekerja sama lebih erat lagi dan mengatakan akan ada lebih banyak lagi hal serupa ini di masa depan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement