Selasa 02 Jan 2024 16:12 WIB

WhatsApp Web Kembangkan Mode Gelap Baru   

WhatsApp memilih untuk mengubah latar belakang abu-abu dari kode hex warna #111b20.

Rep: Santi Sopia/ Red: Friska Yolandha
Aplikasi perpesanan WhatsApp.
Foto: GadgetsNow
Aplikasi perpesanan WhatsApp.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- WhatsApp Web dikabarkan sedang mengerjakan mode gelap baru. Skema warna yang diperbarui untuk WhatsApp Web sedikit lebih gelap atau dark mode, yang bertujuan memberikan pengalaman visual lebih konsisten di seluruh platform.

Selain tema gelap, WhatsApp juga mengembangkan sidebar yang ditingkatkan untuk pengguna web yang melengkapi desain visual baru. Meskipun mode gelap dan mode terang hanyalah perubahan estetika, perbedaannya cukup menonjol. 

Baca Juga

Otak-atik tema warna untuk WhatsApp web ini juga jadi salah satu fitur yang sedang dikerjakan oleh pengembang Meta itu. Hal ini selain fitur berbagi pembaruan status.

Pertama kali dilaporkan oleh WABetaInfo, WhatsApp secara aktif mengerjakan tema gelap baru untuk klien webnya. Bagi penikmat tema gelap, ini tentu menjadi kabar baik. 

"Perubahan warna tema gelap secara visual akan mengubah klien web agar lebih mencerminkan estetika aplikasi WhatsApp Android," demikian laporan, seperti dikutip dari Android Police, Selasa (2/1/2024).

Skema warna yang diperbarui untuk WhatsApp Web mengikuti perubahan ke mode gelap di aplikasi Android. Karena pengguna mengharapkan tampilan yang konsisten di semua platform, desain baru ini bukanlah hal yang tidak terduga. 

Sayangnya, tema gelap klien web baru masih dalam tahap pengembangan, sehingga belum tersedia secara luas. WhatsApp memilih untuk mengubah latar belakang abu-abu dari kode hex warna #111b20 menjadi #12181c, sebuah perbedaan yang tidak kentara, tapi tidak signifikan. 

Skema warna baru ini satu tingkat lebih gelap, dan akan lebih nyaman dilihat saat menggunakan WhatsApp dalam waktu lama.

Menurut WABetaInfo, pengembang Meta juga sedang bekerja keras mengembangkan sidebar yang diperbarui yang akan melengkapi mode gelap WhatsApp yang baru. Dengan semakin populernya WhatsApp Web, sebagian besar fitur baru kini ditambahkan ke aplikasi Android dan klien web. Versi webnya unik karena dapat berjalan di sistem apa pun dengan browser. Ini menawarkan opsi serbaguna bagi pengguna yang tidak memiliki akses ke klien WhatsApp asli (atau tidak ingin menggunakannya).

Pada bulan Desember, WhatsApp memperkenalkan pembaruan menarik, termasuk penambahan pesan yang disematkan dan kemampuan baru untuk mencari pengguna berdasarkan nama pengguna. Meskipun menjadi platform perpesanan terbesar di dunia, WhatsApp tidak berhenti melakukan pembaruan. 

Platform ini terus memperbarui dan menguji fitur-fitur baru untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Tema gelap yang diperbarui untuk klien webnya agar mencerminkan aplikasi Android bisa tersedia untuk klien web di pembaruan mendatang. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement