Rabu 27 Dec 2023 06:37 WIB

Jangan Lupa Bawa Payung, BMKG Prakirakan Hujan Guyur Mayoritas Wilayah Indonesia pada Rabu

Hujan lebat diprediksi terjadi di Medan, Surabaya, dan Mataram.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan bakal mengguyur mayoritas kota-kota besar di Indonesia pada Rabu (27/12/2023).
Foto: Edi Yusuf/Republika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan bakal mengguyur mayoritas kota-kota besar di Indonesia pada Rabu (27/12/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan bakal mengguyur mayoritas kota-kota besar di Indonesia pada Rabu (27/12/2023). BMKG melalui laman web resmi memprakirakan hujan bakal mengguyur sejumlah lokasi seperti Bandar Lampung, Serang, Bandung, Semarang, Banjarmasin, Palangkaraya, Makassar, Kendari, dan Ambon dengan intensitas ringan.

Sementara sejumlah daerah, seperti Padang, Yogyakarta, dan Pangkal Pinang diprediksi akan diguyur hujan dengan intensitas sedang.

Baca Juga

Hujan lebat juga diprediksi bakal terjadi di Medan dengan suhu udara berkisar 29-31 derajat celsius. Adapun sejumlah wilayah seperti Tanjung Pinang, Pontianak, Surabaya, Mataram, dan Kupang diprakirakan bakal diguyur hujan dengan disertai petir.

Meski demikian, terdapat pula sejumlah daerah yang diprakirakan diliputi cuaca berawan seperti Banda Aceh, Bengkulu, Jambi, Pekanbaru, Palembang, Denpasar, Mamuju, Manado, Manokwari, dan Jayapura.

Sementara cuaca cerah berawan diprakirakan bakal meliputi sejumlah wilayah seperti DKI Jakarta, Gorontalo, Samarinda, Tarakan, dan Ternate.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto mengingatkan Provinsi Jawa Barat masih berpotensi hujan dalam sepekan ke depan.

"Potensi cuaca wilayah Jawa Barat dalam sepekan ke depan masih berpotensi hujan sedang hingga lebat terutama pada siang hingga malam hari yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang," katanya.

BMKG mengimbau masyarakat yang berada di daerah dengan topografi curam/bergunung/tebing, atau rawan longsor, dan banjir agar tetap waspada terhadap dampak yang dapat ditimbulkan akibat cuaca ekstrem, seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor, jalan licin, pohon tumbang, dan berkurangnya jarak pandang.

Pihaknya juga meminta masyarakat untuk selalu memantau informasi cuaca terkini melalui saluran informasi BMKG di akun media sosial @infoBMKG, aplikasi Info BMKG, serta laman web https://bmkg.go.id.

 

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement