Selasa 26 Dec 2023 12:30 WIB

Taksi Terbang Hadir pada 2024, Jadi Kendaraan Masa Depan?

Ujicoba versi simulasi eVTOL Joby Aviation dilakukan pada September

Rep: Santi Sopia/ Red: Friska Yolandha
 Taksi drone V-Speeder, yang dibuat oleh HER Korea Selatan, terbang di acara demonstrasi Mobilitas Udara Perkotaan (UAM) Kementerian Pertanahan, Infrastruktur, dan Transportasi, di kota Kimpo di Gyeonggi-do, Korea Selatan, 23 November 2022. Taksi drone diharapkan akan dikomersialkan pada tahun 2025.
Foto: EPA-EFE/JEON HEON-KYUN
Taksi drone V-Speeder, yang dibuat oleh HER Korea Selatan, terbang di acara demonstrasi Mobilitas Udara Perkotaan (UAM) Kementerian Pertanahan, Infrastruktur, dan Transportasi, di kota Kimpo di Gyeonggi-do, Korea Selatan, 23 November 2022. Taksi drone diharapkan akan dikomersialkan pada tahun 2025.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Teknologi terus berkembang, tidak terkecuali untuk jenis kendaraan umat manusia. Pada 2024, dikabarkan akan hadir taksi yang bisa terbang di udara selayaknya pesawat.

Taksi terbang ini sekilas seperti helikopter pada awalnya, ketika baling-balingnya mulai berputar. Namun tidak seperti bilah panjang pada helikopter, alat transportasi ini terlihat seperti pesawat terbang tetapi mengarah lurus ke atas. 

Baca Juga

Ujicoba versi simulasi eVTOL Joby Aviation, diucapkan “ee-vee-toll” atau istilah untuk pesawat lepas landas dan mendarat secara vertikal dengan tenaga listrik itu juga telah dilakukan di Marina, California, AS pada September lalu. Taksi udara ini beroperasi dengan baterai.

Dilabeli mobil terbang, jenis pesawat sipil baru ini mungkin akan segera menjadi cara manusia bepergian. 

Simulasi dilakukan di fasilitas perakitan dan pengujian pesawat Joby di pangkalan udara Angkatan Darat yang dinonaktifkan di Marina. Ada pesawat listrik asli Joby menunggu di landasan. Ini adalah salah satu taksi udara dan mobil terbang baru yang bertujuan untuk membuat lalu lintas terestrial menjadi usang dalam 20 tahun ke depan. 

"Jika semuanya berjalan sesuai rencana, salah satunya akan menerbangkan penumpang melintasi Paris musim panas ini. Dan sekitar tahun depan, layanan taksi udara-listrik pertama akan mulai meningkat di Amerika Serikat," demikian laporan dikutip dari laman Rolling Stone, Selasa (26/12/2023).

Para pemimpin industri mengeklaim bisa membawa penumpang untuk melakukan perjalanan cepat melintasi udara paling cepat 10 menit atau kurang dan sejauh 100 mil atau lebih. Perjalanan ini akan meninggalkan lalu lintas di bawah dan membawa orang berkeliling dengan lebih aman dibandingkan mobil dengan kecepatan pesawat kecil.

Penerbangan taksi udara, menurut mereka, pada akhirnya tidak akan lebih mahal dibandingkan naik Uber. Pendiri Joby, JoeBen Bevirt, yakin sedang mendekati era baru di mana manusia akan mulai memarkir mobil terbang di garasinya.

“Langkah pertama adalah layanan taksi udara. Tetapi impian saya adalah mencapai suatu saat ketika bergerak di udara menjadi hal yang lumrah seperti bepergian dengan mobil, [dan] penerbangan akan menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari," kata Bevirt. 

Lebih dari 200 perusahaan merancang taksi udara dan mobil terbang, meskipun hingga saat ini hanya segelintir perusahaan yang telah menerbangkannya. Pesaing Joby Archer Aviation telah mengumumkan tujuannya untuk memulai layanan taksi udara dengan mitranya United Airlines dari Manhattan ke bandara Newark di New Jersey dan dari pusat kota Chicago ke O'Hare tahun depan. 

Namun ada kekhawatiran, mangingat pesawat kecil dan helikopter terlalu sering mengalami kecelakaan. Sebut saja insiden kecelakaan helikopter yang dialami Kobe Bryant. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement