Jumat 22 Dec 2023 22:34 WIB

Iphone Apple Bertahan di Bawah Air Lebih Lama dari yang Diperkirakan

Ponsel ini memiliki ketahanan hingga 6nm hingga 30 menit.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Friska Yolandha

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Iphone 12 bukanlah ponsel tahan air tetapi ponsel telah berhasil dipulihkan setelah dicelupkan lebih lama. Ponsel ini memiliki ketahanan hingga 6nm hingga 30 menit. 

Yang T3 maksud dengan “lebih lama” adalah “tiga bulan”. Dilansir T3, Jumat (22/12/2023), berbicara kepada AppleInsider, pembaca Lee berbagi kisahnya, yaitu saat membersihkan Sungai Stanislaus untuk mencari salmon chinook, dia menemukan iPhone 12 yang tertutup alga di antara beberapa batuan. iPhone jelas sudah lama terkena cuaca dan terendam air, jadi dia membersihkannya dan mengeringkannya selama beberapa hari. 

Baca Juga

T3 menduga taktik ini bekerja lebih baik di California, tempat tinggal Lee, dibandingkan di Inggris Raya (UK) yang jauh lebih lembab, tempat penulis tinggal. 

Setelah beberapa hari kering, Lee menghubungkan ponselnya ke pengisi daya dan berhasil menyalakannya. Dia belum bisa melacak pemilik aslinya, itulah sebabnya dia membuka situs AI dengan harapan menemukan mereka setelah mencoba menghubungi beberapa kontak yang tercantum di telepon. 

Ini bukan iPhone 12 pertama yang diselamatkan. Tahun lalu, BBC melaporkan bagaimana seorang pria yang kehilangan iPhone-nya saat berkano di Sungai Wye, Inggris, mendapatkannya kembali 10 bulan kemudian. Meski tergenang air, ternyata masih bisa diselamatkan. 

Penemunya, Miguel Pacheco, mengeringkannya menggunakan airline, kompresor, dan lemari pendingin. Dia kemudian memposting beberapa fotonya di Facebook, dan foto tersebut dikenali oleh teman pemiliknya Owain Davis di Edinburgh. 

Jadi bagaimana ponsel ini bisa bertahan ketika terkena lebih banyak air daripada yang seharusnya? Jawaban singkatnya adalah mereka beruntung, dan jawaban yang sedikit lebih panjang adalah mereka tampaknya tidak berada di bawah air cukup lama untuk memecahkan segel di dalam iPhone. Itu adalah segel yang mencegah air (dan debu) masuk ke bagian dalam iPhone Anda yang halus. 

Semakin dalam air, semakin besar tekanan yang mereka alami, dan semakin lama mereka terendam, semakin banyak waktu yang dibutuhkan untuk mengatasi tekanan tersebut. 

Meskipun kedua kisah ini memiliki akhir yang membahagiakan, tentu saja lebih baik Anda tidak menjatuhkan ponsel Anda ke dalam air terlebih dahulu. Jadi, jika Anda berencana membawa iPhone 15 untuk bermain kayak atau takut bermain-main di pantai.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement