Jumat 22 Dec 2023 20:44 WIB

Dijegal AS dalam Perang Teknologi, Produksi Chip Cina Alami Kemajuan

Huawei memainkan peran penting dalam persaingan ketat produksi chip semikonduktor.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Friska Yolandha
 Pemandangan logo Huawei di dalam sebuah toko di Beijing, China, 29 Maret 2022. Huawei memainkan peran penting dalam persaingan ketat produksi chip semikonduktor.
Foto:

Serangan bertubi-tubi ini membuat Huawei tak memiliki pilihan lain selain bergantung pada produsen chip lokal bernama Semiconductor Manufacturing International Corporation (SMIC) dan Shanghai IC R&D Center. Pergantian ini membuat chip yang digunakan oleh Huawei mengalami downgrade kala itu.

Per November 2020, perusahaan Qualcomm diperbolehkan untuk memasok chip 4G kepada Huawei. Akan tetapi, saat itu pasar sudah mulai beralih ke 5G. Oleh karena itulah, pangsa pasar Huawei sempat mengalami penurunan signifikan pada Januari 2021 dan kuartal II 2022.

Investasi pemerintah Cina terhadap chip akhirnya membuahkan hasil setelah SMIC berhasil membuat terobosan 7 nm pada Agustus 2022. Pencapaian besar ini berhasil diwujudkan hanya dalam waktu dua tahun, lebih cepat dari TSMC dan Samsung, tanpa menggunakan perangkat litografi paling mutakhir.

Berdasarkan investigasi Bloomberg, pencapaian ini mungkin tidak lepas dari investasi yang diberikan pemerintah kota Shenzhen kepada Huawei pada 2019. Investasi tersebut diberikan untuk membantu Huawei menbangun jaringan chip yang mandiri.

Tak hanya itu, Huawei juga mampu mendapatkan akses terhadap teknologi litografi dan melibatkan banyak ahli dalam prosesnya. Bahkan Huawei juga merekrut beberapa mantan pekerja ASML, yang kemungkinan menjadi kunci bisa tercapainya pengembangan node 7nm untuk prosesor terbaru mereka.

Uji benchmark mengindikasikan bahwa chip tersebut memiliki performa yang setara dengan Snapdragon 888 dari Qualcomm. Artinya, chip tersebut hanya tertinggal sekitar dua generasi dari pesaingnya.

Per September lalu, Huawei mengambil langkah tak biasa dengan meluncurkan Kirin 9000S tanpa ada event peluncuran atau teaser. Huawei hanya memberikan pengumuman melalui Weibo bahwa seri Mate 60 dan Mate 60 Pro akan segera tersedia.

Pemeintah Cina mengumumkan akan....

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement