Jumat 15 Dec 2023 13:35 WIB

Desain iPhone 16 Diprediksi Kembali Seperti iPhone 12, Begini Faktanya

Muncul desain praproduksi awal untuk iPhone 16.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Natalia Endah Hapsari
Muncul rumor tentang desain iPhone 16/ilustrasi
Foto: AP Photo/Jeff Chiu
Muncul rumor tentang desain iPhone 16/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Baru beberapa bulan berlalu sejak peluncuran iPhone 15, rumor mengenai iPhone berikutnya sudah mulai beredar. Banyak yang menggembar-gemborkan ada beberapa perubahan besar untuk iPhone 16 tahun depan.

Jadi apa yang bisa diharapkan dari iPhone berikutnya? Melansir Gadgets Now, Jumat (15/12/2023), ada rumor beberapa perubahan desain yang bisa menghadirkan rasa nostalgia, selain perubahan lainnya.

Baca Juga

Laporan terbaru dari MacRumors memberikan wawasan tentang desain praproduksi awal untuk iPhone 16, termasuk berbagai varian dan konfigurasi perangkat keras yang sedang dipertimbangkan oleh para insinyur Apple untuk DeLorean, nama kode internal yang diberikan untuk iPhone 16.

IPhone 16 tahun depan dikatakan telah mengubah tombol dan tata letak kameranya, berdasarkan perbaikan yang dilakukan pada model sebelumnya.

Apple telah mengerjakan beberapa prototipe untuk iPhone 16, yang meskipun memiliki bahasa desain yang sama, memiliki beberapa perbedaan kecil di antara keduanya. Prototipe telah ditampilkan dalam berbagai warna, termasuk kuning, merah muda, midnight, dan hitam.

Prototipe kuning dilengkapi Tombol Aksi, tombol volume terpadu, dan tonjolan kamera bergaya iPhone X. Pada saat yang sama, prototipe berwarna merah muda memiliki Tombol Aksi dan tombol volume mekanis terpisah, sedangkan prototipe midnight memiliki tombol Aksi yang lebih besar dan tombol Tangkap baru. Sesuai laporan, prototipe midnight adalah desain yang diharapkan saat ini.

Salah satu perbedaan utama antara iPhone tahun ini dan model tahun depan adalah pada modul kameranya, yang menurut laporan akan memiliki susunan vertikal.

Ada dua desain tonjolan kamera untuk iPhone 16 yang dipertimbangkan, desain bergaya iPhone 12 dengan dua lensa kamera yang terletak satu di atas yang lain dan desain tipe iPhone X dengan penutup berbentuk pil tunggal.

Meskipun kedua desain tersebut sedang dipertimbangkan, Apple telah menggunakan tata letak kamera mirip iPhone 12 dengan dua lensa berbeda secara lebih luas pada unit prototipenya.

Prototipe awal iPhone 16 memiliki satu tombol volume, yang memberikan umpan balik haptik kepada pengguna. Namun, rencana untuk mengadopsi tombol volume terpadu dibatalkan karena masalah teknis, dan tombol mekanis akan digunakan kembali.

Bagian depan iPhone 16 terlihat mirip dengan pendahulunya, menggunakan Dynamic Island. Model dasar ponsel ini memiliki tampilan yang sebagian besar sebanding dengan iPhone sebelumnya, tanpa perubahan besar. Mirip dengan iPhone 15, prototipe iPhone 16 juga memiliki port USB-C yang terletak di bagian bawah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement