Jumat 15 Dec 2023 12:56 WIB

OpenAI Hadirkan Opsi Langganan ChatGPT Plus, Begini Langkahnya

Dengan ChatGPT Plus, pengguna bisa mendapatkan model AI termutakhir.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Natalia Endah Hapsari
ChatGPT (ilustrasi). OpenAI kembali membuka opsi berlangganan untuk ChatGPT Plus yang sempat ditutup untuk sementara waktu.
Foto: www.freepik.com
ChatGPT (ilustrasi). OpenAI kembali membuka opsi berlangganan untuk ChatGPT Plus yang sempat ditutup untuk sementara waktu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---OpenAI kembali membuka opsi berlangganan untuk ChatGPT Plus yang sempat ditutup untuk sementara waktu. Dengan biaya berlangganan 20 dolar AS atau sekitar Rp 310 ribu per bulan, pengguna bisa mendapatkan fitur tambahan hingga akses istimewa lain dari ChatGPT Plus.

Registrasi pendaftaran pengguna baru ChatGPT Plus sebelumnya sempat ditutup oleh CEO OpenAI, Sam Altman. Langkah ini diambil karena besarnya jumlah pengguna ChatGPT Plus sempat memicu lonjakan penggunaan layanan di luar kapasitas mereka.

Baca Juga

Kondisi tersebut sempat dimanfaatkan sebagai ladang bisnis oleh sebagian pengguna ChatGPT Plus. Beberapa dari pengguna menyewakan akun ChatGPT Plus kepada orang lain dengan biaya mininal 10 dolar AS atau sekitar Rp 155 ribu per bulan. Bahkan, ada pengguna yang menjual akun ChatGPT Plus mereka dengan harga fantastis, yaitu 428 pounds (Rp 8,4 juta).

Kini, pengguna baru tak perlu lagi menyewa atau membeli akun ChatGPT Plus dari tangan kedua. Penggunabaru bisa langsung berlangganan ChatGPT Plus untuk mengakses beragam fitur dan layanan ChatGPT.

Dengan berlangganan ChatGPT Plus, pengguna bisa mengakses ChatGPT meski di waktu sibuk alias peak time. Pengguna juga bisa mendapatkan respons yang lebih cepat, akses prioritas untuk fitur-fitur baru, hingga prioritas untuk mendapatkan peningkatan layanan.

"Dengan ChatGPT Plus, Anda akan mendapatkan model AI termutakhir kami, GPT-4, serta kemampuan untuk menciptakan dan menggunakan beragam GPT, serta (mendapatkan) perangkat penunjang lain seperti DALL-E, pencarian, analisis data lanjutan, dan lainnya," jelas OpenAI melalui pernyataan resminya, seperti dilansir GizChina pada Sabtu (16/12/23).

Meski menghadirkan opsi berlangganan ChatGPT Plus, OpenAI tetap menyediakan layanan ChatGPT yang bisa diakses secara gratis. Yang membedakan, pengguna ChatGPT versi gratistidakakan mendapatkan akses terhadap fitur istimewa dan pengalaman pengguna yang lebih baik seperti pengguna ChatGPT Plus. Berikut ini adalah cara untuk berlangganan ChatGPT Plus:

1. Buat akun OpenAI dan masuk ke dalam akun tersebut dari laman chat.openai.com. Bila sudah punya akun, langsung masuk ke akun OpenAI.

2. Klik tombol "Upgrade to Plus" yang berada di pojok kiri bawah layar.

3. Selesaikan proses transaksi, mulai dari mengisi informasi pembayaran hingga melakukan pembayaran biaya berlangganan sebesar Rp 310 ribu per bulan.

Layanan berlangganan ChatGPT Plus telah tersedia untuk semua pengguna di berbagai negara. OpenAI juga berencana akan memperluas penawaran untuk ChatGPT Plus berdasarkan masukan dan kebutuhan pengguna, misalnya menghadirkan opsi berlangganan yang lebih hemat, opsi berlangganan untuk kebutuhan bisnis, atau opsi berlangganan untuk beberapa pengguna sekaligus dalam satu akun.

Saat ini, ChatGPT memiliki lebih dari 100 juta pengguna aktif per pekan. Ada banyak perusahaan yang menggunakan platform ChatGPT untuk beragam keperluan, mulai dari perusahaan layanan keuangan hingga pendidikan. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement