Rabu 13 Dec 2023 01:32 WIB

Google Siapkan AI Paling Canggih untuk Pengguna, Tapi ...

AI eksperimental Google tersebut saat ini dijuluki Proyek Ellmann.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Natalia Endah Hapsari
Google berencana untuk menciptakan kecerdasan buatan (AI) yang dirancang untuk menjadi Life Story Telle' bagi penggunanya./ilustrasi
Foto: Pexels
Google berencana untuk menciptakan kecerdasan buatan (AI) yang dirancang untuk menjadi Life Story Telle' bagi penggunanya./ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Dokumen rahasia yang dipresentasikan pada pertemuan internal Google baru-baru ini, merinci sebuah rencana untuk menciptakan kecerdasan buatan (AI) yang dirancang untuk menjadi 'Life Story Teller' bagi penggunanya. Namun untuk melakukannya, AI memerlukan akses yang belum pernah terjadi sebelumnya ke data pribadi setiap pengguna.

Tidak jelas di mana AI eksperimental yang saat ini dijuluki Proyek ‘Ellmann’ tersebut akan berada di antara aplikasi dan layanan Google yang mana. Namun tim di baliknya, bekerja untuk Google Foto, dan presentasi mereka menyarankan chatbot AI yang disesuaikan. “Kami tidak dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan sulit atau menceritakan kisah-kisah baiknya tanpa melihat kehidupan Anda secara menyeluruh,” tulis salah satu bagian presentasi, yang dibuat oleh manajer produk Google.

Baca Juga

Dibangun dari saingan perusahaan ChatGPT, Gemini, Proyek Ellmann akan menggunakan 'large language models' (LLM) untuk mensintesis informasi pribadi dari konteks yang dikatakan mencakup biografi pengguna dan orang yang mereka cintai, serta momen foto yang disimpan.

Namun perkembangan baru ini memicu kekhawatiran bagi mereka yang marah dengan pengumpulan rahasia jutaan catatan medis sensitif seseorang oleh Google, yang diberi nama kode Proyek ‘Nightingale’ pada 2019, atau siapa pun yang dengan bersemangat mengumpulkan tips privasi digital.

“Kami menelusuri foto-foto Anda, melihat tag dan lokasinya untuk mengidentifikasi momen yang bermakna. Saat kami melangkah mundur dan memahami kehidupan Anda secara keseluruhan, dan kisah menyeluruh Anda menjadi jelas,” tulis slide presentasi lainnya itu, yang diperoleh CNBC, melansir dari Daily Mail, Selasa (12/12/2023).

Singkatnya, proyek ini direncanakan untuk dapat membuat chatbot bergaya ChatGPT yang dipersonalisasi dan disesuaikan dengan minat dan riwayat hidup pengguna. Seperti yang disimpulkan dari riwayat penelusuran internet, rol kamera ponsel, dan data lainnya, yang pasti mencakup pembelian Google Wallet dan banyak lagi.

Tim Google Foto, menurut presentasi manajer itu, menghabiskan waktu berbulan-bulan untuk mengonfirmasi kemampuan LLM dalam menemukan pola, setelah menyerap hasil penelusuran, foto pengguna, dan data lainnya untuk menjawab pertanyaan yang sebelumnya mustahil tentang kehidupan seseorang.

Ambisi dari rencana tim untuk membuat potret yang intim dan mendalam dari para penggunanya, dimasukkan ke dalam nama proyek: referensi untuk kritikus sastra dan penulis biografi Richard Ellmann, yang memenangkan Penghargaan Buku Nasional untuk biografi novelis “James Joyce”.

Tim Google, dalam satu slide, berharap 'Ellmann' pada akhirnya akan mampu mendeskripsikan foto pribadi pengguna secara lebih detail daripada hanya piksel dengan label dan metadata.

Dalam salah satu contoh, mereka membahas bagaimana Ellmann LLM dapat memindai foto pengguna, dan mengelompokkannya menjadi, misalnya 'kenangan' atau 'momen' dari kelahiran anak pengguna tersebut, atau serangkaian gambar yang diambil pada reuni kelas sekolah mereka.

Sebagai contoh 'pertanyaan yang sebelumnya mustahil' yang dapat dijawab oleh Proyek Ellmann kepada pengguna, presentasi tersebut menawarkan permintaan hipotesis pengguna untuk mengetahui ‘kapan saudara mereka terakhir kali mengunjungi mereka’ atau ‘ke kota mana mereka harus pindah’.

Ellmann, berdasarkan presentasinya, bisa menjawab keduanya. Ellmann juga tampaknya mampu memprediksi dan merekomendasikan pembelian bahkan menyajikan ringkasan kebiasaan makan pengguna. ‘Sepertinya Anda menikmati makanan Italia' catat Proyek Ellmann LLM dalam satu slide yang berisi foto hidangan pasta dan pizza.

Mengingat presentasi tersebut datang dari seorang manajer Google Foto, CNBC berspekulasi bahwa perusahaan tersebut mungkin berencana untuk memasukkan produk AI baru ke dalam aplikasi Google Foto. Menurut postingan blog Google Cloud, Google Foto memiliki lebih dari satu miliar pengguna dan menyimpan 4 triliun foto dan video.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement