Senin 11 Dec 2023 07:44 WIB

Cuaca Senin Didominasi Cerah Berawan, BMKG Ingatkan Potensi Cuaca Ekstrem

Masyarakat diimbau mewaspadai potensi cuaca ekstrem dalam sepekan ke depan.

BMKG memprakirakan cuaca berawan bakal meliputi mayoritas wilayah di Indonesia pada Senin (11/12/2023) ini.
Foto: Republika/Thoudy Badai
BMKG memprakirakan cuaca berawan bakal meliputi mayoritas wilayah di Indonesia pada Senin (11/12/2023) ini.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca berawan bakal meliputi mayoritas wilayah di Indonesia pada Senin (11/12/2023) ini.

BMKG melalui situs resmi di Jakarta, Senin, memprakirakan cuaca berawan bakal terjadi di sejumlah lokasi, seperti Bengkulu, Yogyakarta, Jakarta, Bandung, Semarang, Samarinda, Ternate, Mataram, Jayapura, Mamuju, Padang, dan Palembang.

Baca Juga

Cuaca cerah berawan diprakirakan terjadi di sejumlah wilayah, seperti Denpasar, Gorontalo dan Tarakan.

Sementara hujan diprakirakan mengguyur sejumlah daerah, seperti Serang, Jambi, Palangka Raya, Tanjung Pinang, Bandar Lampung, Ambon, Manokwari, Pekanbaru, Makassar, Kendari, dan Manado dengan intensitas ringan.

Adapun sejumlah daerah seperti Medan, Banda Aceh, dan Pontianak bakal diguyur hujan dengan intensitas sedang serta Banjarmasin, Pangkal Pinang, dan Kupang bakal diguyur hujan dengan disertai petir

Sebelumnya, Deputi Bidang Meteorologi, BMKG, Guswanto mengimbau masyarakat untuk waspada peningkatan potensi cuaca ekstrem dalam sepekan ke depan. "Kondisi cuaca dan iklim di seluruh wilayah Indonesia saat ini menunjukkan adanya signifikansi dinamika atmosfer yang dapat berdampak pada potensi peningkatan curah hujan di sejumlah wilayah di Indonesia," katanya.

Ia mengemukakan beberapa fenomena atmosfer yang terpantau cukup signifikan dan dapat memicu peningkatan curah hujan di wilayah Indonesia, di antaranya fenomena madden julian oscillation (MJO) yang saat ini mulai memasuki wilayah Indonesia bagian barat. "MJO diprediksi dapat terus aktif di sekitar wilayah Indonesia hingga periode Dasarian I Desember 2023, dapat berkontribusi pada peningkatan pertumbuhan awan hujan di wilayah Indonesia," paparnya.

sumber : Antara
Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement