Senin 11 Dec 2023 16:17 WIB

Game Changers, Inilah 5 Kemajuan Teknologi Terbesar Sepanjang 2023

Sepanjang 2023, inovasi teknologi tiada henti telah menghasilkan beberapa terobosan.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Natalia Endah Hapsari
Kehadiran Microsoft Copilot menjadi salah satu terobosan teknologi terbesar sepanjang 2023.
Foto: ANTARA/HO/Microsof
Kehadiran Microsoft Copilot menjadi salah satu terobosan teknologi terbesar sepanjang 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Tahun 2023 telah menjadi tahun banyak hal. Selama 12 bulan terakhir, upaya inovasi teknologi yang tiada henti ini telah menghasilkan beberapa terobosan dalam cara kita memahami, berkomunikasi, dan berinteraksi dengan perangkat keras dan perangkat lunak di sekitar kita. 

Dilansir ZDNET, Senin (11/12/2023), ada lima kemajuan teknologi hebat pada tahun 2023 yang menjadi game changers terbesar. 

Baca Juga

 

1.Kecerdasan buatan (AI) pada perangkat akan bermanfaat bagi semua orang

DALL-E2 berjalan agar AI generatif dapat memimpin. Menyusul kesuksesan beberapa layanan bertenaga AI OpenAI pada akhir tahun 2022, kemajuan dalam kecerdasan buatan mengalami pertumbuhan yang luar biasa dan pesat pada tahun 2023. Anda dapat mengharapkan lebih banyak kemajuan di tahun baru, dengan fokus khusus pada lokal, fungsionalitas AI pada perangkat. 

Dari sejumlah ponsel pintar, komputer pribadi, hingga kendaraan listrik, banyak perusahaan seperti Google, Samsung, dan Qualcomm, telah menyarankan penerapan teknologi ini di masa depan. 

 

2. AI Generatif untuk alur kerja profesional 

Secara terpisah, AI generatif telah memperluas perangkat untuk pembuatan konten profesional, mulai dari pengkodean hingga pengeditan foto dan video.  Sejumlah perusahaan, termasuk Canva, Apple, dan Adobe, telah menerapkan alat-alat AI di seluruh rangkaian kreatif mereka yang dimaksudkan untuk memberdayakan, bukan menyalip karya para seniman, videografer, desainer, dan banyak lagi. 

Beberapa alat termasuk AI Site Generator dari Wix, yang mampu menghasilkan situs web skala penuh melalui perintah teks, dan Adobe Sensei. Adobe juga meluncurkan Project Fast Fill, alat AI generatif yang akan segera memungkinkan pengguna menghapus subjek dan menambahkan properti baru dalam video. 

 

3. Sejumlah televisi nirkabel melakukan penghentian langganan televisi kabel secara ekstrem

Salah satu pertanyaan besar mengenai televisi nirkabel adalah bagaimana faktor latensi dalam pengalaman menonton terutama ketika respons input yang hampir instan sangat penting bagi para gamer, sebuah demografi yang semakin banyak dituju oleh produsen. Seberapa sempurna suara speaker onboard ketika tidak ada lagi koneksi kabel?

Meskipun demikian, televisi tanpa kabel tentu saja tidak diberi harga untuk mainstream; daftar Displace TV seharga 4.499 dolar Amerika Serikat (AS) atau sekitar Rp 70.062.927, dan LG OLED M akan memberi Anda harga hingga 35.000 dolar AS atau sekitar 545.055.000. Namun untuk gambaran terdekat Anda tentang masa depan tanpa tali-tali dan kabel-kabel yang menjuntai di dinding, ini mungkin tempat terbaik untuk memulai. 

 

4. Ada Copilot untuk setiap pengguna PC

Dorongan besar dari Copilot dari Microsoft terbukti ketika perusahaan tersebut menghabiskan sebagian besar acaranya di September untuk membahas cara asisten AI mereka merevolusi pembuatan, penjelajahan, dan interaksi dengan web di PC Windows. 

Pada tingkat dasar, Copilot di Windows 11 dapat menghemat puluhan klik pengguna setiap hari, karena asisten AI dapat membantu menavigasi jalur lokasi canggih tersebut untuk mengubah resolusi tampilan, mengatur, pengatur waktu tema gelap, dan melakukan tugas-tugas biasa lainnya. Untuk kalangan bisnis dan perusahaan, Copilot akan mampu mengatasi ancaman keamanan siber, mulai dari identifikasi risiko dengan algoritme pembelajaran mesin hingga mekanisme respons otomatis untuk pertahanan instan. 

 

5. 'Mencubit' udara akan menjadi hal biasa

Tindakan mencubit (pinching) adalah salah satu gerakan tangan yang paling umum (dan penting). Hal ini menjadikannya pengganti paling alami untuk mouse, trackpad, dan layar sentuh kapasitif lainnya, seperti yang ditunjukkan pada Apple Watch, headset Vision Pro, Meta Quest 3, dan Humane AI Pin. 

Dalam keempat kasus tersebut, mencubit adalah “klik baru, yang memungkinkan pengguna memilih, menyeret, dan memperluas jendela dan antarmuka tanpa perlu berinteraksi secara fisik dengan perangkat keras sebenarnya. Perbedaannya adalah cara cubitan terdeteksi. Salah satu contohnya, Vision Pro menggunakan chop dan sensor R1 baru untuk memetakan data kerangka tangan-tangan  Anda secara visual. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement