Jumat 08 Dec 2023 18:19 WIB

Threads Instagram Memperkenalkan Fitur Tags

Tags Threads berfungsi mirip dengan hashtag.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Friska Yolandha
Foto ilustrasi menunjukkan aplikasi media sosial Threads ditampilkan di App Store.
Foto: Christoph Dernbach/dpa via AP
Foto ilustrasi menunjukkan aplikasi media sosial Threads ditampilkan di App Store.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pesaing Twitter (sebelumnya disebut X), Instagram Threads, sedang mengembangkan fitur baru yang disebut ‘Tags’. Tags Threads berfungsi mirip dengan hashtag, yaitu mengategorikan atau mengelompokkan postingan serupa menampilkannya di samping topik yang sama. 

Meskipun fitur Tags Threads Instagram ini mirip dengan hashtag, beberapa fungsinya berbeda. Dilansir Sam Mobile, Jumat (8/12/2023), berbeda dengan hashtag, di Instagram Threads, Anda hanya dapat memiliki satu tag atau topik pada sebuah postingan. 

Baca Juga

Jadi, jika Anda terbiasa menggunakan ratusan hashtag alih-alih memaksimalkan jangkauan postingan Anda di Instagram, Anda harus tepat sasaran dengan tag yang tepat di Threads. Sesuai meta, hal ini dilakukan untuk memudahkan mereka yang ingin secara khusus mencari postingan terkait suatu topik atau tag yang menurut mereka menarik untuk dibaca. 

Selain itu, sesuai resmi Threads, ada satu perbedaan besar antara Tags Threads Instagram dan hastag. Anda dapat menambahkan tag dengan menambahkan # sesuai dengan teks, namun tag tersebut tidak muncul di postingan yang dipublikasikan. 

Sebaliknya, mereka akan muncul dalam blue text di postingan yang dipublikasikan, kurang lebih seperti hyperlink. Bahkan, Anda juga memiliki opsi untuk menambahkan tag dengan mengetuk simbol # di UI postingan baru. 

Lebih lanjut, pengguna dapat menggunakan topik yang sudah ada atau memiliki kebebasan untuk membuatnya sendiri. Tambahan, Threads Instagram dapat menyertakan spasi dan karakter khusus Jika Anda mau. 

Dari segi ketersediaan, pengguna Threads Instagram dapat langsung menggunakan fitur ini. Sementara itu, kabar baik bagi masyarakat Eropa, Threads dikabarkan akan memulai debutnya di Eropa sekitar bulan ini. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement