Jumat 08 Dec 2023 08:52 WIB

Jangan Minum Obat Dulu, Santap Buah Ini Agar Mudah Tidur

Jenis makanan tertentu tidak disarankan dikonsumsi sebelum tidur.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Natalia Endah Hapsari
Pisang dapat berkontribusi pada tidur yang lebih nyenyak karena peningkatan kadar magnesium dan potasium, yang dikenal karena sifatnya yang mengendurkan otot./ Ilustrasi
Foto: stepfitnes.com
Pisang dapat berkontribusi pada tidur yang lebih nyenyak karena peningkatan kadar magnesium dan potasium, yang dikenal karena sifatnya yang mengendurkan otot./ Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Beberapa makanan dan minuman diketahui kontraproduktif ketika mencoba untuk mendapatkan tidur yang nyenyak. Oleh karena itu jenis makanan tertentu tidak disarankan dikonsumsi sebelum tidur. Namun, menurut pakar tidur ada satu buah tertentu yang dapat membantu mendapatkan istirahat lebih baik yang mungkin tidak disadari oleh banyak orang.

Dilaporkan Express, Jumat (8/12/2023), makan pisang saat makan malam bisa jadi merupakan kunci untuk mendapatkan tidur malam yang nyenyak. Hal ini disarankan oleh The Sleep Charity, sebuah organisasi khusus yang mengkhususkan diri untuk meningkatkan kualitas tidur.

Baca Juga

Badan amal tersebut baru-baru ini meluncurkan lima rekomendasi teratasnya untuk mencapai kualitas tidur yang lebih baik pada tahun 2024, dengan konsumsi buah sebelum tidur sebagai yang terdepan.

Menurut The Sleep Charity, pisang, khususnya, dapat berkontribusi pada tidur yang lebih nyenyak karena peningkatan kadar magnesium dan potasium, yang dikenal karena sifatnya yang mengendurkan otot.

Pisang juga mengandung asam amino triptofan, pendahulu hormon penenang otak yang memfasilitasi relaksasi, sehingga membuat tubuh Anda merasa lebih ringan.

Dampak positifnya semakin meluas, karena konsumsi buah dikaitkan dengan stimulasi produksi melatonin. Melatonin, hormon alami dalam tubuh, memainkan peran penting dalam mengatur pola tidur, semakin menekankan potensi manfaat memasukkan buah ke dalam rutinitas malam Anda untuk pengalaman tidur yang lebih tenang dan memulihkan.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam edisi khusus Antioxidants in Health and Disease telah mengidentifikasi anggur, ceri asam, dan stroberi sebagai sumber melatonin paling kuat di antara buah-buahan.

 

Matikan layar ponsel

Kebiasaan lain yang mungkin membantu memperbaiki pola tidur adalah mematikan layar yang berpotensi menekan produksi melatonin tubuh. 

Melakukan aktivitas santai yang menenangkan seperti membaca atau mandi sesaat sebelum tidur, serta bermeditasi, juga dapat berkontribusi pada istirahat yang lebih baik.

Wakil CEO Sleep Charity, Lisa Artis, mengatakan kepada Sky News betapa pentingnya memiliki siklus tidur yang baik, selain gaya hidup sehat secara keseluruhan.

“Tidur sangat penting untuk menjalani hidup yang lebih sehat dan bahagia, dan kami ingin semua orang berbagi sentimen tersebut dan memahami pentingnya tidur sebagai bagian dari gaya hidup yang seimbang dan sehat," ujarnya.

Membangun rutinitas tidur yang baik, dan menaatinya, akan membantu meningkatkan sikap positif dan mengurangi tingkat stres, yang berarti orang dapat memulai Tahun Baru dengan perasaan segar.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement