Jumat 08 Dec 2023 02:02 WIB

Jangan Terkecoh Media Pro Israel, Ikuti 10 Akun Media Sosial Milik Warga Palestina Ini

Ada ketimpangan pemberitaan media asing yang tak mengungkap situasi di Palestina.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Natalia Endah Hapsari
Untuk mengetahui situasi sesungguhnya di Palestina, ada baiknya memilih akun media sosial dari warga asli Palestina ketimbang media asing yang sering kali mengungkap fakta berbeda/ilustrasi
Foto: Republika/Prayogi
Untuk mengetahui situasi sesungguhnya di Palestina, ada baiknya memilih akun media sosial dari warga asli Palestina ketimbang media asing yang sering kali mengungkap fakta berbeda/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Genosida yang dilakukan Israel terhadap Gaza, Palestina, masih terus dilakukan sampai sekarang. Dan sampai sekarang pula, semua manusia di dunia hanya bisa menyaksikan darah mengalir dari orang-orang tak berdosa.

Namun, ada ketimpangan dalam pemberitaan media, yang tidak memperlihatkan kondisi semengerikan apa yang dihadapi warga Gaza. Untuk itu, ada 10 akun media sosial yang bisa diandalkan untuk mengungkap derita warga Palestina yang sesungguhnya dan masih terjadi di sana.

Baca Juga

 

1. Motaz Azaiza

Saat serangan pertama terjadi, sebuah video yang diunggahnya viral. Video tersebut memperlihatkan seorang lelaki yang duduk di atas reruntuhan rumahnya dengan dua boneka milik anaknya, dengan ratapan wajahnya yang lesu.

Motaz @motaz_azaiza dengan pengikut Instagram mencapai 16,4 juta, merupakan jurnalis fotografi, yang sampai sekarang terus menyuguhkan potret kondisi Gaza. Potret-potret tersebut sangat jarang terlihat muncul di akun Instagram media internasional.

 

2. Saleh Aljafarawi

Dengan akun @saleh_aljafarawi sudah memiliki 4 juta pengikut Instagram. Saleh yang juga merupakan jurnalis fotografi, pertama kali viral ketika membagikan video kakak beradik, Omar Ashour dan Soso Ashour, dengan wajah kosong terduduk karena orang tuanya meninggal.

 

3. Hani Alshaer

Hani merupakan seorang jurnalis dengan Instagram @hani.alshaer yang kini memiliki 89,9 ribu pengikut. Fotonya yang memotret seorang anak perempuan selamat sembari menggendong kucing dan foto boneka-boneka dalam reruntuhan, juga menjadi viral.

 Nomor 4...

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement