Kamis 07 Dec 2023 15:16 WIB

Siap-Siap, MacBook Air Hingga Ipad Baru Segera Meluncur, Cek Detailnya

Peranti iPad bisa semakin mirip dengan MacBook.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Natalia Endah Hapsari
Apple dilaporkan sedang menyiapkan model iPad dan MacBook Air baru yang dilengkapi dengan chip Apple M3 yang baru-baru ini diumumkan untuk peluncuran musim semi tahun depan. /ilustrasi
Foto: Reuters/Michael Dalder
Apple dilaporkan sedang menyiapkan model iPad dan MacBook Air baru yang dilengkapi dengan chip Apple M3 yang baru-baru ini diumumkan untuk peluncuran musim semi tahun depan. /ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Apple dilaporkan sedang menyiapkan model iPad dan MacBook Air baru yang dilengkapi dengan chip Apple M3 yang baru-baru ini diumumkan untuk peluncuran musim semi tahun depan. 

Hal ini diungkapkan oleh kepala koresponden Bloomberg yang kerap mengungkap rahasia Apple yang gigih dan akurat, Mark Gurman, yang mengklaim peluncuran tersebut akan dilakukan sebagai langkah untuk merevitalisasi penjualan iPad yang baru-baru ini merosot. Kabarnya, iPad Air baru dengan layar 12,9 inci, bersama model Magic Keyboard yang diperbarui dan Apple Pencil baru, juga akan disertakan dalam paket tersebut. 

Baca Juga

Peluncuran perangkat semacam itu pada musim semi akan masuk akal. iPad Air belum diberi perlakuan chip M2, jadi melewatkan satu generasi dan memuat tablet dengan chip M3 adalah hal yang logis. Meskipun model iPad Pro 11 inci dan 12,9 inci memiliki akses ke chip M2, tampaknya masuk akal untuk meningkatkannya ke silikon M3 untuk memastikan iPad paling kuat tetap demikian. 

Namun, Gurman mencatat bahwa menurut orang-orang yang mengetahui produk Apple yang belum dirilis dan jalur peluncurannya, iPad OLED ini juga akan dirilis pada musim semi 2024. Ini bisa menjadi salah satu peningkatan terbesar yang pernah dialami iPad Pro dalam beberapa waktu terakhir, meskipun layar mini-LED iPad Pro 12,9 inci tidak terlalu buruk, perpindahan ke OLED dapat menghasilkan kontras dan warna yang lebih baik, yang mungkin bagus untuk editor dan seniman foto profesional. 

Sedangkan untuk Magic Keyboard baru, Gurman mencatat bahwa mereka diharapkan memiliki rangka aluminium yang lebih kokoh dan akan membuat iPad Pro terlihat lebih seperti laptop. Sayangnya, Gurman tidak merinci apa yang diharapkan dari Apple Pencil barunya. 

Peranti iPad juga disebut semakin mirip dengan MacBook. Jika rumor ini membuahkan hasil, peningkatan kekuatan dikombinasikan dengan apa yang ditingkatkan. Magic Keyboard dengan beberapa penyesuaian untuk membuat aksesori penutup lebih mudah digunakan dan fleksibel dapat menjadikan iPad sebagai iPad yang benar-benar dapat menggantikan laptop seseorang untuk semua tugas khusus. 

Dengan Apple yang berhasil menjalankan gim berkualitas konsol di iPhone 15 Pro, Techradar akan bersemangat untuk melihat apa yang bisa dilakukannya untuk bermain gim di iPad dengan akses ke kekuatan M3. 

Perangkat iPad Air yang lebih besar juga memenuhi semua kriteria dalam hal rilis logis. Hampir pasti ada beberapa orang yang menginginkan iPad dengan layar lebih besar, misalnya untuk karya seni digital, tetapi juga tidak memerlukan fitur-fitur canggih dari iPad Pro 12,9 inci. Jadi iPad Air dengan layar 12,9 inci tampak seperti media yang menyenangkan, asalkan Apple memastikan harganya terjangkau. 

Di sisi MacBook Air, perpindahan ke chip M3 juga masuk akal. Pada musim semi mendatang, MacBook Air M2 asli akan berusia hampir dua tahun, Usia tersebut  tidak terlalu tua dalam hal masa pakai laptop, tetapi hal ini membuat mesin siap untuk penyegaran chip. 

MacBook Air 15 inci dirilis tahun ini, tetapi sekali lagi, pada tahun 2024, tidak ada salahnya jika menggunakan chip M3 untuk meningkatkan kinerja dan efisiensi. Peningkatan ini dapat ditujukan langsung pada orang-orang yang ingin meningkatkan dari MacBook berbasis M1 lama yang mungkin tidak yakin dengan peningkatan kinerja yang akan dihasilkan oleh peralihan ke perangkat setara berbasis M2. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement