Kamis 07 Dec 2023 10:05 WIB

Kapal Pinisi Berlayar di Google Doodle Hari Ini

Kapal Pinisi Jadi warisan manusia yang Lisan dan tak benda pada 2017.

Google Doodle tampilkan ilustrasi kapal pinisi
Foto: tangkapan layar
Google Doodle tampilkan ilustrasi kapal pinisi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Google tampil dengan gambar kapal pinisi sebagai ilustrasinya pada hari ini, Kamis (7/12/2023). Doodle ini untuk merayakan hari dimana UNESCO menetapkan seni pembuatan kapal Pinisi sebagai Karya Agung Warisan Manusia yang Lisan dan Takbenda pada Sesi ke-12 Komite Warisan Budaya Unik pada tanggal 7 Desember 2017.

Pembuatan kapal di Indonesia dimulai ribuan tahun yang lalu. Namun, kapal para pelaut di Sulawesi Selatan membuat pinisi modern pertama pada tahun 1906. 

Baca Juga

Dengan mengambil inspirasi dari gaya tali-temali Eropa, mereka menyadari bahwa dengan menghilangkan tiang buritan di tengah, kapal dapat melaju lebih cepat. "Ini menjadi sebuah keuntungan besar dalam pengangkutan kargo dan kapal rakyat," tulis Google dalam keterangan resminya.

Desain megahnya menampilkan lambung besar yang tergantung di bagian depan kapal. Perahu semakin populer selama bertahun-tahun, tetapi komunitas perahu pinisi yang paling terkenal tetap ada di Sulawesi. 

Pada tahun 1980-an, masyarakat mulai menambahkan mesin pada perahu pinisi. Setelah bertahun-tahun berbagi desain secara lisan, cetak biru kapal tersebut secara resmi dikodifikasi pada tahun 90an. 

Warisan pembuatan kapal Sulawesi Selatan masih terus berkembang. Saat ini, perahu pinisi menjadi pilihan utama untuk perjalanan memancing dan ekspedisi wisata.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement