Rabu 06 Dec 2023 13:12 WIB

Mengapa Banyak Orang Hobi Nonton Film Horor? Ternyata Ini yang Terjadi dalam Tubuh

Ada daya tarik di balik sensasi takut yang justru sangat dinikmati penonton.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Natalia Endah Hapsari
Film horor tak pernah kehilangan penggemar. Ternyata ada ilmu di balik kengerian film horor (ilustrasi)
Foto: Visinema Pictures
Film horor tak pernah kehilangan penggemar. Ternyata ada ilmu di balik kengerian film horor (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Film horor boleh dibilang tak pernah kehilangan penonton setianya. Kengerian dan misteri di balik kisah seram yang hadir justru menyenangkan untuk sebagian kalangan. Namun, apa daya tarik di balik sensasi takut yang justru membuat sebagian besar dari kita menikmatinya? Psikoterapis Robi Ludwig menjelaskan ilmu di balik teriakan itu.

Dilansir Today pada Rabu (6/12/2023), Ludwig mengatakan kesenangan dalam ketakutan bukanlah fenomena baru, sebaliknya, ini telah menjadi bagian dari budaya kita. Namun, mengapa kita merasa senang dalam keadaan panik? Psikolog dan ahli psikoterapi itu mengungkap bahwa ketakutan sebenarnya membawa reaksi fisik yang unik pada tubuh kita.

Baca Juga

Ketika kita merasa takut, sinar matahari dapat membuat jantung berdetak lebih cepat, pernapasan menjadi lebih intens, berkeringat lebih banyak, dan perasaan berdebar-debar di perut. Ahli psikologi itu menyatakan bahwa ada kepuasan besar ketika kita memaksa diri kita melampaui batas kecemasan untuk melihat sejauh mana kita dapat toleransi terhadap rasa takut.

Daya tarik ini juga terkait dengan unsur yang terlarang, aneh, dan gelap dalam pengalaman manusia. Hormon juga berperan, di mana reaksi hormonal terhadap ancaman atau krisis dapat memberikan motivasi tersendiri dalam merasakan ketakutan. Lonjakan adrenalin saat merasa terancam membuat kita merasa lebih kuat secara fisik dan lebih intuitif secara emosional.

Secara psikologis, kita tertarik untuk mengalami langsung apa yang dianggap dilarang atau gelap. Film horor memberikan platform untuk menjelajahi pengalaman ketakutan secara aman dan menyenangkan, sehingga memungkinkan kita melepaskan emosi kuat dengan cara yang terkendali.

Ludwig juga menyoroti bahwa cerita menyeramkan membantu kita melepaskan emosi yang kuat, sehingga memberikan katarsis bagi kita. Kehidupan sehari-hari mungkin tidak memberikan cara yang memadai untuk melepaskan perasaan intens ini, sehingga merasakannya dalam konteks yang terkendali dapat membawa manfaat dan kepuasan.

Jadi, apakah melibatkan diri dalam aktivitas yang menakutkan atau menonton film horor, keduanya dapat memberikan kepuasan dan manfaat bagi kita, sehingga membantu kita merasa lebih terstimulasi oleh kehidupan. Kedua cara ini bisa memberikan kepuasan dan manfaat bagi individu masing-masing. 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement