Rabu 06 Dec 2023 11:59 WIB

Ngobrol dengan Orang Baru Dikenal Ternyata Bikin Bahagia, Ini Penjelasannya

Lebih banyak mengobrol dengan orang asing menikmati kepuasan hidup yang lebih besar.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Natalia Endah Hapsari
Mengobrol dengan orang yang baru dikenal ternyata bisa membuat bahagia /ilustrasi
Foto: visualphotos.com
Mengobrol dengan orang yang baru dikenal ternyata bisa membuat bahagia /ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Membuktikan pepatah lama ‘memberi berarti menerima’, ternyata menyapa orang asing dengan ucapan 'selamat pagi' yang sederhana dan mengobrol dengan orang yang tidak kita kenal, bisa mendongkrak kebahagiaan kita sendiri.

Berdasarkan penelitian terhadap 60 ribu orang, termasuk 40 ribu warga Inggris, para peneliti mengatakan, interaksi sesaat seperti menyapa dan berterima kasih, dapat meningkatkan kebahagiaan. Mereka berpendapat bahwa cara ini berhasil dengan meningkatkan rasa memiliki.

Baca Juga

Melansir Daily Mail, Rabu (6/12/2023), tim penelitian itu menganalisis data dari dua kelompok yang ditanyai tentang interaksi mereka dengan orang yang tidak mereka kenal.

Hasilnya, yang diterbitkan dalam jurnal Social Psychological and Personality Science, menunjukkan bahwa mereka yang lebih banyak mengobrol dengan orang asing menikmati kepuasan hidup yang lebih besar.

Pemimpin studi tersebut, Dr Esra Ascigil yang juga dari Universitas Sabanci Turki, mengatakan bahwa memiliki sense of belonging melibatkan perasaan diterima dan dihargai oleh orang lain. “Hal ini sering dianggap sebagai kebutuhan mendasar manusia,” kata dia.

Penasihat kampanye ‘Untuk Mengakhiri Kesepian’, Kate Jopling mengatakan, hal-hal tersebut membantu membuat kita merasa memiliki keterikatan. “Harganya sangat murah, tetapi sangat berharga,” ucap dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement