Ahad 03 Dec 2023 13:19 WIB

Ternyata Ada Game Tersembunyi dalam Mozilla Firefox, Ini Cara Memainkannya

Pong telah tersimpan dalam kode Firefox selama beberapa tahun di Customize Toolbar

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Mozilla Firefox. Mozilla Firefox kebetulan menyembunyikan versi tenis meja digitalnya sendiri di dalam eksistensinya
Foto: Ubergizmo
Mozilla Firefox. Mozilla Firefox kebetulan menyembunyikan versi tenis meja digitalnya sendiri di dalam eksistensinya

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Peramban web tampaknya senang menyembunyikan permainan yang sepenuhnya dapat dimainkan di dalam dirinya, mulai dari petualangan berbasis teks hingga salah satu contoh permainan video paling awal dalam sejarah manusia (Pong). Mozilla Firefox kebetulan menyembunyikan versi tenis meja digitalnya sendiri di dalam eksistensinya  

Ini bukan tambahan baru, karena gim ini telah tersimpan dalam kode Firefox selama beberapa tahun di dalam opsi Customize Toolbar. Meskipun langkah-langkah yang Anda ambil untuk mengakses gim ini telah sedikit berubah selama beberapa pembaruan versi.

Dilansir Slashgear, Ahad (3/12/2023), sesuatu yang harus diperhatikan sebelum Anda bermain gim Pong adalah Anda harus membuat beberapa perubahan (sementara) pada Pengaturan toolbar Firefox Anda, dan lupa mengembalikan semuanya seperti semula setelah Anda selesai dapat menimbulkan sedikit kebingungan saat berikutnya Anda menggunakan browser untuk penjelajahan sebenarnya. 

Tentu saja, jika Anda menyadari ada sesuatu yang tertinggal, Anda selalu dapat kembali ke menu Sesuaikan Toolbar dan memperbaikinya, sehingga tidak ada risiko nyata selain ketidaknyamanan ringan. 

Cara mengakses Pong Firefox

Ketika Anda siap untuk mencoba beberapa browser web rahasia Pong, inilah yang harus dilakukan:

Saat Firefox terbuka, klik ikon Menu Aplikasi di pojok kanan atas jendela (“hambuger”, atau tumpukan tiga garis horizontal). 

Klik Alat lainnya (terletak di bagian bawah menu pop-up), lalu pilih opsi Sesuaikan toolbar…. Ini akan membuka tab Firefox baru. 

Klik dan seret semua item toolbar ke Menu Overflow satu per satu, tapi biarkan Ruang Fleksibel saja. Setelah selesai, hanya Ruang Fleksibel yang harus berada di luar Menu Overflow. 

Tombol kecil dengan gambar unicorn akan muncul di bagian bawah layar di sebelah kanan Kelola Tema. Klik tombol unicorn untuk mulai bermain Pong. 

Anda bermain dengan menggunakan tombol panah Kiri dan Kanan pada keyboard untuk menggerakkan alat pemukul Anda (milik Anda yang paling atas) ke kiri dan ke kanan. 

Ketika Anda selesai bermain, seret secara manual semua item (atau hanya item yang Anda inginkan) keluar dari Menu Overflow. Anda juga dapat mengeklik tombol Pulihkan Default di sudut kanan bawah jendela, namun hal ini akan mengatur ulang semua Pengaturan Firefox Anda ke default, bukan hanya item toolbar dan tidak dianjurkan. 

Meskipun jika Anda lebih suka memainkan Pong dengan sedikit usaha, Anda juga dapat memainkannya (dan beberapa permainan klasik lainnya) di browser Anda hanya dengan beberapa klik di situs web Pong Game. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement