Ahad 03 Dec 2023 08:57 WIB

Waspadai Hujan Lebat Hari Ini, Cek Kota Anda

Hujan mengguyur sebagian besar wilayah ibu kota provinsi di Indonesia pada Ahad.

BMKG memprakirakan hujan mengguyur sebagian besar wilayah ibu kota provinsi di Indonesia pada Ahad (3/12/2023).
Foto: Republika/Bowo Pribadi
BMKG memprakirakan hujan mengguyur sebagian besar wilayah ibu kota provinsi di Indonesia pada Ahad (3/12/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan mengguyur sebagian besar wilayah ibu kota provinsi di Indonesia pada Ahad (3/12/2023). 

Dikutip dari situs BMKG di Jakarta, wilayah Pontianak, Banjarmasin dan Mataram diprakirakan hujan petir pada siang hari, serta Jambi pada malam hari. Sedangkan wilayah Banda Aceh dan Medan diprakirakan hujan lebat pada siang hari dan Mamuju pada malam hari.

Baca Juga

Kota Serang dan Bandung diprediksi hujan sedang pada siang ini, serta Yogyakarta pada malam hari, dengan kelembaban rata-rata 60-95.

Beberapa wilayah juga akan mengalami hujan ringan, di antaranya Semarang, Surabaya, Palangkar Raya, Pangkal Pinang, Tanjung Pinang, Ternate, Kupang, Mamuju, Makassar, Manado, dan Palembang

Sementara, Kota Denpasar, Yogyakarta, Bandar Lampung, Ambon, Manokwari, Pekanbaru, Kendari, dan Padang diprediksi berawan pada siang hari.

Wilayah Bengkulu, Gorontalo, Jambi, Samarinda, dan Tarakan diprediksi cerah berawan. Kota Jayapura diprediksi cerah pada siang hari ini, dengan suhu rata-rata 23-31 Celcius.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto menyampaikan pihaknya mengimbau masyarakat untuk waspada terhadap peningkatan potensi cuaca ekstrem dalam sepekan ke depan. "Kondisi cuaca dan iklim di seluruh wilayah Indonesia saat ini menunjukkan adanya signifikansi dinamika atmosfer yang dapat berdampak pada potensi peningkatan curah hujan di sejumlah wilayah di Indonesia," kata dia.

Ia mengemukakan beberapa fenomena atmosfer yang terpantau cukup signifikan dan dapat memicu peningkatan curah hujan di wilayah Indonesia, di antaranya fenomena Madden Julian Oscillation (MJO) yang saat ini mulai memasuki wilayah Indonesia bagian barat.

sumber : Antara
Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement