Kamis 30 Nov 2023 18:38 WIB

Agar Buah Pisang Lebih Tahan Lama, Ini Kiatnya Menurut Chef

Pisang tumbuh subur dalam kondisi hangat dan lembap.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Natalia Endah Hapsari
Tempat ideal untuk menyimpan pisang adalah di tempat sejuk, serta jauhkan dari sinar matahari langsung dan sumber kondensasi yang potensial.  Ilustrasi
Foto: stepfitnes.com
Tempat ideal untuk menyimpan pisang adalah di tempat sejuk, serta jauhkan dari sinar matahari langsung dan sumber kondensasi yang potensial. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tidak sedikit orang yang membeli sesisir pisang segar, namun kecewa karena beberapa buah pisang terlanjur membusuk sebelum sempat dimakan. Kabar baiknya, ada cara untuk mencegah pisang cepat membusuk dan membuatnya menjadi lebih tahan lama.

Menurut Chef Peter Sidwell dari CookServeEnjoy, pisang tumbuh subur dalam kondisi hangat dan lembap. Artinya, lingkungan seperti itulah yang harus dijauhkan dari pisang jika ingin buah yang ada di rumah tetap segar lebih lama.

Baca Juga

Untuk mencegah pembusukan, menurut Sidwell cara yang terbaik adalah membeli pisang saat masih hijau, dan segera mengeluarkannya dari bungkus plastiknya. Tempat ideal untuk menyimpan pisang adalah di tempat sejuk, serta jauhkan dari sinar matahari langsung dan sumber kondensasi yang potensial.

Kemudian, setelah pisang mencapai kematangan sempurna, masukkan ke dalam lemari es untuk memperlambat proses pembusukan. Saran Sidwell, gunakan kantong khusus jika memang ingin menyimpan pisang di lemari es untuk dimakan di kemudian hari.

"Kantong poliester akan membantu menjaga kesegaran buah pisang hingga dua pekan. Jangan khawatir jika kulit pisang berubah warna menjadi cokelat di lemari es, rasanya tidak akan terpengaruh," kata Sidwell, dikutip dari laman Metro.co.uk, Kamis (30/11/2023).

Dia menyampaikan, ada satu kesalahan umum yang dilakukan banyak orang, yaitu memasukkan pisang ke dalam lemari es sebelum buah matang sepenuhnya. Menurut Sidwell, hal itu sebaiknya dihindari karena bagian dalam buahnya akan keras dan tidak memiliki rasa manis seperti pisang ranum.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah bahwa pisang melepaskan gas yang disebut etilen dari batangnya, membuat matang buah di sekitarnya, dan jadi lebih cepat membusuk. Buah apel, pir, dan melon sangat sensitif terhadap gas tersebut, jadi sebaiknya simpan pisang secara terpisah dari buah-buahan tersebut.

Jika tak ada ruang untuk penyimpanan buah terpisah di kulkas, lapisi pisang dengan bungkus plastik atau kertas timah. Sementara, apabila pisang yang hendak disimpan sudah terbuka sebagian, taburkan sedikit jus lemon ke pisang untuk menurunkan tingkat pH, lalu bungkus dengan plastik khusus seperti cling film untuk mengurangi oksigen. 

Untuk buah pisang utuh yang disimpan di kulkas setelah matang, Sidwell menjamin pisang bisa dibekukan di kulkas hingga enam bulan dan dimakan di kemudian hari. Akan tetapi, menurut Sidwell, rasa buahnya mungkin akan lebih enak pada tiga bulan penyimpanan.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement