Kamis 30 Nov 2023 15:02 WIB

Tidak Pede Berbahasa Asing, Coba Pakai 10 Aplikasi Penerjemah Ini

Hambatan bahasa terbukti menjadi hambatan yang signifikan,

Rep: Desy Susilawati/ Red: Natalia Endah Hapsari
Ada sejumlah aplikasi penerjemahan yang bisa Anda gunakan, sehingga memungkinkan untuk mengatasi hambatan bahasa dan menikmati perjalanan yang menyenangkan dan bebas stres.
Foto: Digitaltrends
Ada sejumlah aplikasi penerjemahan yang bisa Anda gunakan, sehingga memungkinkan untuk mengatasi hambatan bahasa dan menikmati perjalanan yang menyenangkan dan bebas stres.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-Perjalanan adalah terapi bagi kita semua, karena menawarkan kesempatan untuk mengeksplorasi budaya, masakan, dan gaya hidup yang beragam. Hal ini memungkinkan kita untuk memperluas cakrawala kita, mendapatkan pengalaman baru, dan menciptakan kenangan yang berharga. 

Namun, hambatan bahasa terbukti menjadi hambatan yang signifikan, terutama ketika bepergian ke negara asing. Bagaimana jika Anda lapar dan ingin membeli roti tetapi bingung apa yang harus dikatakan.

Baca Juga

Tapi jangan khawatir, karena, dengan kekuatan teknologi, kita dapat mengatasi hambatan ini. Ada sejumlah aplikasi penerjemahan yang bisa Anda gunakan, sehingga memungkinkan untuk mengatasi hambatan bahasa dan menikmati perjalanan yang menyenangkan dan bebas stres seperti dilansir laman Geek Flare, Kamis (30/11/2023).

 

1. Google Translate

Anda dapat menerjemahkan secara online secara gratis dengan Google Translate. Hal ini mendukung penerjemahan untuk lebih dari 100 bahasa, termasuk teks, pidato, dan gambar. Hal ini memungkinkan pengguna untuk memasukkan teks atau berbicara dalam satu bahasa dan menerima terjemahan instan dalam bahasa yang mereka inginkan. Selain itu, Google Translate dapat menerjemahkan seluruh halaman web dan memberikan terjemahan suara untuk bahasa yang dipilih.

Selama bertahun-tahun, akurasi terjemahan Google Translate telah meningkat secara signifikan. Hal ini juga mencakup fitur lain, seperti mengunduh bahasa untuk penggunaan offline dan penerjemahan kamera. Hal ini memungkinkan penerjemahan teks real-time melalui kamera perangkat mobile. Anda dapat menyimpan ini pada keduanya Android and iOS.

 

2. iTranslate

iTranslate adalah aplikasi penerjemahan gratis yang populer yang memungkinkan pengguna untuk menerjemahkan teks dengan mudah. Hal ini juga terlibat dalam percakapan suara ke suara di lebih dari 100 bahasa. Fitur aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk menerjemahkan ke luar negeri tanpa biaya roaming yang mahal. Hal ini juga mencakup kamus, thesaurus, dan fitur-fitur lainnya seperti transliterasi, berbagi, favorit, dan sejarah.

Fitur tambahan dalam iTranslate Pro termasuk terjemahan kamera real-time, terjemahan offline untuk 40 bahasa, percakapan suara-ke-suara, dan konjugasi verb. Secara keseluruhan, iTranslate adalah alat yang kuat dan serbaguna untuk komunikasi multilingual. Aplikasi ini didukung pada keduanya Android and iOS perangkat.

 

3. SayHi Translate

SayHi Translate adalah aplikasi penerjemahan bahasa yang memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi di berbagai bahasa secara real-time. Aplikasi ini mendukung lebih dari 100 bahasa dan dapat menerjemahkan teks tertulis dan lisan. Pengguna dapat memasukkan teks, berbicara ke dalam aplikasi, atau bahkan menggambar karakter untuk terjemahan.

Mode Auto secara otomatis mendeteksi dan menerjemahkan pidato tanpa menekan tombol. Fitur ini membuat aplikasi ini berguna untuk percakapan alami, karena pengguna dapat berbicara tanpa gangguan. Ini termasuk fitur pengenalan suara yang mendeteksi dan menerjemahkan suara pengguna’s ke dalam bahasa target. Fitur sejarah memungkinkan Anda menemukan terjemahan sebelumnya dengan cepat. SayHi Translate tersedia di kedua Play Store Apple store.

 

4. Voice Translator App by BP Mobile

Aplikasi ini mendukung penerjemahan suara dan teks real-time untuk lebih dari 100 bahasa. Anda dapat menggunakannya untuk berkomunikasi, membaca tanda-tanda, dan menerjemahkan teks dari foto. Aplikasi ini juga mencakup buku frase offline, deteksi bahasa, dan mode teks-ke-teks pintar.

Selain itu, ia memiliki mode manusia-ke-manusia dan hewan peliharaan-ke-manusia untuk tujuan hiburan. Hal ini memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi dalam bahasa apapun dan menerjemahkan teks dari foto atau pik. Ini memiliki kamus offline dengan input suara, 3D Touch, dan dukungan Apple Watch. Dengan suara laki-laki dan perempuan yang tersedia, pengguna dapat mengontrol kecepatan suara dan berbicara frasa yang diterjemahkan dengan keras. Anda dapat mengunduh aplikasi yang ramah pengguna ini dari Apple Store.

 

5. iTranslate Voice

iTranslate Voice adalah aplikasi penerjemahan bahasa yang memungkinkan pengguna untuk menerjemahkan kata-kata dan frasa secara real-time. Pengguna dapat berbicara secara alami dengan orang-orang yang berbicara bahasa yang berbeda tanpa menunggu terjemahan. Aplikasi ini menyediakan fungsi teks-ke-speech, yang memungkinkan Anda untuk mendengarkan terjemahan atau berkomunikasi dengan orang lain.

Aplikasi ini juga mendukung beberapa dialek untuk banyak bahasa, membuat berkomunikasi dengan orang-orang dari berbagai daerah lebih mudah. Anda dapat menyimpan terjemahan yang sering digunakan untuk akses cepat dan mengambil keuntungan dari fitur akurasi pengenalan suara. Aplikasi ini juga menawarkan terjemahan offline, membuatnya menjadi pilihan yang dapat diandalkan bahkan tanpa koneksi internet. Anda dapat mengunduh aplikasi ini untuk Anda Perangkat iOS.

 

6. Microsoft Translator

Microsoft Translator adalah aplikasi terjemahan multi-fungsional yang menawarkan terjemahan dalam lebih dari 70 bahasa. Ini termasuk teks, suara, percakapan, dan foto kamera. Aplikasi ini juga mencakup mode split-screen untuk terjemahan bilingual dan multi-orang. Dengan pilihan untuk mengunduh bahasa untuk penggunaan offline, itu adalah pendamping perjalanan yang ideal.

Hal ini tersedia untuk hingga 100 orang di berbagai bahasa. Buku ini juga menawarkan buku frase, terjemahan alternatif, dan transliterasi. Hal ini juga dapat menghemat terjemahan yang sering digunakan untuk penggunaan masa depan. Plus, pengguna dapat berbagi terjemahan mereka dengan aplikasi lain dan menerjemahkan teks di aplikasi lain melalui terjemahan menu konteks. Unduh aplikasi ini dari Android atau iOS.

 

7. Speak and Translate by Apalon

Ini adalah penerjemah suara dan teks yang memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi secara efektif dalam lebih dari 100 bahasa. Anda dapat melakukan ini dari jarak jauh dengan mode offline tanpa data atau Wi-Fi. Translation teks memungkinkan pengguna untuk mengetik kata, kalimat, atau frase dan mendapatkan terjemahan instan dalam 117 bahasa. Translation Voice juga dapat menerjemahkan kata atau frase yang diucapkan ke dalam 54 bahasa. Pengguna dapat memilih antara suara laki-laki atau perempuan dan kecepatannya dengan Pengaturan Suara.

Aplikasi ini juga terintegrasi dengan iCloud, yang memungkinkan riwayat penerjemahan Anda secara otomatis disinkronkan di perangkat iO Anda. Pengguna dapat dengan mudah mengubah tema warna aplikasi’s UI untuk mencocokkan gaya mereka dengan fitur Color Themes. Pengguna dapat menggunakan aplikasi ini secara gratis dengan fitur No Ads.

 

8. Naver papago

Aplikasi terjemahan ini mendukung 13 bahasa dan fitur terjemahan teks, terjemahan gambar, terjemahan suara, terjemahan offline, terjemahan percakapan, terjemahan tulisan tangan, dan terjemahan situs web, serta kamus dan alat pendidikan untuk mempelajari bahasa asing.

Papago menawarkan teks, gambar, dan terjemahan percakapan instan untuk percakapan satu-on-satu. Hal ini dapat membuat catatan untuk mempelajari bagian dan kata-kata. Hal ini juga memungkinkan untuk terjemahan percakapan, di mana Anda dapat berbicara satu sama lain bahasa’s dengan bahasa asing, dan terjemahan situs web dengan memasukkan URL. Selain itu, Papago menampilkan Edu, yang menciptakan My Notes untuk mempelajari bagian-bagian dan kata-kata dan menyediakan informasi kamus untuk memeriksa makna tambahan. Anda dapat mengunduh aplikasi ini dari keduanya iOS and Android.

 

9. Dialog

Dialog adalah aplikasi penerjemah teks yang mudah digunakan yang mendukung lebih dari 100 bahasa. Fitur-fitur tersebut meliputi penerjemah kamera, penerjemah keyboard, hub perjalanan, mode offline, aplikasi Apple Watch, dan widget layar utama. Hal ini juga memiliki pengakuan pidato yang canggih, deteksi bahasa, dan akurasi yang tinggi dalam terjemahan real-time.

Dialog menyediakan terjemahan instan dengan satu keran. Hal ini juga merupakan alat yang membantu untuk perencanaan perjalanan, seperti konverter mata uang dan podcast bahasa. Dialog adalah pilihan yang sangat baik bagi siapa saja yang perlu berkomunikasi dalam bahasa asing dengan cepat dan akurat. Anda dapat dengan mudah mendapatkan aplikasi ini dari Apple Store.

 

10. TextGrabber by Abby

Ini adalah adalah aplikasi yang mendigitalkan teks cetak, memungkinkan pengguna untuk menelepon, email, dan mengikuti tautan. Hal ini diterjemahkan menjadi 100 bahasa, mengedit, voice-over, dan berbagi hasil yang diakui dengan cara yang nyaman. Aplikasi ini menangkap dan mengenali teks cetak offline dan mengambil informasi dalam 60 bahasa.

Versi gratis didukung iklan dan menyediakan tiga pengenalan teks dan terjemahan. Setiap teks cetak dapat disimpan dan diterjemahkan, termasuk teks dari layar TV, smartphone, tanda terima, dokumen perjalanan, atau resep. Aplikasi ini memiliki tips dan trik, termasuk cara menggunakan ABBYY FineScanner untuk memindai buku dan dokumen multi-halaman tanpa kehilangan format. Aplikasi ini tersedia di perangkat iOS.

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement