Rabu 29 Nov 2023 16:37 WIB

Risih Dibombardir Notifikasi Threads di Instagram? Ini Cara Nonaktifkan

Notifikasi Threads di Instagram tetap muncul meski sudah menghapus akun Threads.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Natalia Endah Hapsari
Meta berusaha menambah pengguna Threads dengan memberikan notifikasi di Instagram yang tak jarang dinilai mengganggu pengguna Instagram.
Foto: EPA-EFE/ETIENNE LAURENT
Meta berusaha menambah pengguna Threads dengan memberikan notifikasi di Instagram yang tak jarang dinilai mengganggu pengguna Instagram.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Kini sudah hampir lima bulan sejak hadirnya layanan jejaring sosial Meta, Threads. Namun alih-alih menikmati aplikasi baru ini, banyak orang di media sosial malah merasa terganggu pada notifikasi yang hanya untuk mengingatkan bahwa aplikasi itu ada.

Pengguna Instagram menyadari bahwa mereka dibombardir dengan notifikasi Threads yang mencoba membuat mereka beralih ke aplikasi itu. Salah satu pengguna mengatakan dia masih mendapatkan notifikasi Threads di Instagram bahkan setelah menghapus akun Threads-nya.

Baca Juga

Jika Anda terus mendapat notifikasi push di Instagram tentang Threads, melansir Daily Mail, Rabu (29/11/2023), berikut cara mematikannya.

- Di Instagram, ketuk foto profil Anda di pojok bawah.

- Ketuk tiga garis horizontal, diikuti dengan 'Pengaturan dan Privasi'.

- Ketuk 'Pemberitahuan' lalu aktifkan opsi 'Jeda Semua'.

- Pilih berapa lama Anda ingin mematikan notifikasi push (antara 15 hingga delapan jam).

Perhatikan, bahwa ini hanya mematikan 'pemberitahuan push' (pemberitahuan yang muncul di layar ponsel cerdas ketika aplikasi tidak dibuka).

Langkah tersebut tidak menghentikan ikon hati Instagram untuk berubah menjadi merah muda, setiap kali Meta ingin memberi tahu tentang aktivitas di Threads.

Pengguna yang terkena dampak, menggunakan X (sebelumnya Twitter) untuk menyuarakan ketidaksenangan mereka. Salah satunya mengatakan, Meta mencoba menyeret pengguna Instagram ke Threads. “Instagram, tolong berhenti memberi saya notifikasi Threads. Aplikasimu jelek,” kata pengguna lainnya.

Pemberitahuan thread kini masuk ke akun Instagram yang tertaut... Apakah ada cara untuk menonaktifkan akun Thread?” kata pengguna lainnya lagi.

Saat pengguna mendapat notifikasi di Instagram, ikon hati di bagian atas aplikasi menerima titik kecil berwarna merah muda.

Biasanya dengan mengklik ikon hati tersebut, pengguna dapat melihat aktivitas yang berhubungan dengan Instagram, seperti pengguna lain menyukai atau mengomentari sebuah foto.

Namun kini notifikasi Instagram memberi tahu pengguna bahwa seseorang di Threads ‘baru saja memposting topik baru’ (meskipun Threads dan Instagram adalah dua aplikasi terpisah).

Meta memiliki Threads dan Instagram, serta platform media sosial lainnya WhatsApp dan Facebook, dan mungkin mencoba meningkatkan jumlah pengguna Threads.

Sekarang, dengan notifikasi Threads di Instagram, Meta mungkin mencoba mengarahkan pengguna ke aplikasi baru itu untuk meningkatkan jumlah pengguna dan membantunya menyaingi X milik Elon Musk (sebelumnya dikenal sebagai Twitter).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement